20:00 . 60 Calon Pengantin di Tuban Dibekali 8 Materi, agar Terhindar Perceraian hingga KDRT   |   19:30 . Ada Posko Sekat PMK Mulai 5-15 Juli 2022, Tuban Tak Terima Ternak dan Daging dari Luar Jatim   |   19:00 . 6 Destinasi Wisata Air Terjun di Tuban Ini Dijamin Menyegarkan Mata Anda!   |   18:00 . Balap Liar di Tuban Bikin Resah Pengguna Jalan, dari JT Bawah Bergeser ke Tikungan Tundung Musuh   |   17:00 . Alamat Kantor Inspektorat Tuban dan Maklumat Pelayanan 2022   |   16:00 . Netizen Komplain Salah Sasaran ETLE Mau Laporan di Samsat Rumit! Polres Tuban: Mudah, Tidak Sampai 1 Hari   |   15:00 . Lirik Lagu dan Chord Gitar Noah (Peterpan) - 'Di Atas Normal'   |   14:00 . Terima Dua Manfaat, Ini yang Dapat Calon Pegantin Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja S1 untuk 10 Posisi di Wings Group Surabaya   |   12:00 . Ranggalawe Mangkat | Teater Komunitas Warna Tuban   |   11:00 . 6.608 Penduduk Tuban Usia Kerja Menganggur, DPRD: Apa yang Dilakukan Pemkab?   |   10:00 . Wajib Pantau Statistik Batas Nilai Atas dan Bawah yang Diterima SMK di Kabupaten Tuban, Klik Link Berikut   |   09:00 . Ini 4 Tuan Rumah Porprov Jatim VIII Tahun 2023   |   08:00 . 5 Doa Dijauhkan dari Orang Munafik dan Hal Buruk dalam Hidup   |   07:00 . 9 Bencana Kebakaran di Tuban Sejak Januari-Juli 2022, Salah Satunya Rumah Mantan Kades   |  
Tue, 05 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pantangan Makan Bulus dan Poligami Bagi Keturunan Syayyid Ahmad Thaha Desa Punggulrejo

bloktuban.com | Wednesday, 20 April 2022 13:00

Pantangan Makan Bulus dan Poligami Bagi Keturunan Syayyid Ahmad Thaha Desa Punggulrejo Makam Mah Towiso di Desa Punggulrejo, Kecamatan Rengel, Tuban. (Foto:Nur/blokTuban.com)

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Persebaran wali di Tuban sanggatlah menarik untuk dibahas keunikannya dalam berdakwah. Salah satunyanya sosok Syayyid Ahmad Thaha atau dikenal Mbah Towiso.

Cerita yang diyakini warga setempat, bahwa Mbah Towiso merupakan alim ulama yang berdakwah mensyirkan agama Islam di Dusun Beron, Desa Punggulrejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. Makamnya terletak di depan MTS Negeri 2 Tuban. 

Untuk mengetahui perjalanan dari mbah Towiso blokTuban. Com mencoba menemui salah satu keturunan dari mbah Towiso yaitu mbah Sarju (80). Menurut Mbah sarju untuk sejarah detailnya beliau tidak mengetahui tetapi yang jelas Mbah Towiso ke Tuban untuk mensyiarkan agama Islam.

Dalam perjalanan syiarnya Mbah Towiso mendapat pesaing yaitu Keboglondor. Keboglondor dan mbah Towiso kemudian saling berselisih, yang akhirnya menyebabkan makam Mbah Towiso mencil jauh atau menepi dari desa karena Mbah Towiso menolak untuk dimakamkan dekat dengan Keboglondor. 

Perselisihan tersebut konon dikarenakan perbedaan pemahaman ajaran dan kepercayaan dari kedua orang hebat tersebut. 

“Saya ditemui lewat mimpi Mbah Towiso nama aslinya Ahmad Thaha dan katanya bukaan dari Bejagung tetapi dari Pangandaran, Jawa Tengah dan mulai saat itu para warga mulai memanggil dengan nama Ahmad Thaha,” Ucap Mbah Sarju kepada blokTuban.com, Rabu (20/4/2022).

Lanjut Mbah Sarju, menjelaskan mbah Towiso pernah membuat sumur di Beron, akan tetapi usahanya itu tidak dapat mengeluarkan air. Pesan Mbah Towiso yang masih di pegang oleh keturunannya sampai sekarang yaitu dilarang makan bulus dan juga poligami untuk akibatnya memang tidak di sebutkan tetapi semua itu pasti ada hikmahnya. 

Dengan larangan itu, Mbah Sarju berspekulasi bahwa jika bulus saja tidak boleh apalagi babi, anjing, biawak. Sedangkan poligami menurutnya bukan perbuatan yang dianjurkan.

Diceritakan pula, dulunya di makam mbah Towiso pernah diadakan haul tetapi karena berkembangnya pemikiran dan pemahaman orang desa maka acara haul sekarang dihilangkan. Kendati demikian, dalam hari-hari tertentu cuma dari garis keturunan Mbah Towiso yang datang ke makam bersama untuk tahlil dan kirim doa. 

Sedangkan hingga sekarang peziarah dari luar desa, Mbah Sarju kurang mengetahui apakah banyak yang datang atau tidak disebabkan faktor jauhnya jarak antara makam dan rumahnya. Ditambah usia Mbah Sarju yang sudah usia 80tahun. [Nur/Ali] 

 

Tag : Mbah Towiso, Desa Punggulrejo Rengel, Pantangan, Bulus, Poligami



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 July 2022 19:00

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar Merdeka belajar merupakan suatu program kebijakan baru yang diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. beliau mengatakan bahwa program merdeka belajar menjadi suatu terobosan untuk...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat