11:00 . Langkah Membuat Instafest Spotify, Nikmati Festival Musik di Handphone   |   10:00 . Petugas BNNK Tuban Kembali Razia Gang Sadar, Pelaku Larikan Diri Tinggalkan 18 Butir Carnophen   |   09:00 . Harga Emas Anam 30 November 2022 Naik di Level Rp981.000 Per Gram, Semua Stok Available   |   08:00 . 3 Hal Penting Urusan Hutang-Piutang dalam Islam   |   19:00 . Hujan Deras Akibatkan Longsor di Banyuurip Tuban   |   18:00 . Lirik Lagu Dreamers - Jungkook (BTS) Feat Fahad Al Kubaisi OST Piala Dunia 2022 dan Terjemah   |   17:00 . Warga Tuban Dikagetkan Seekor Ular Piton di Depan Rumahnya   |   16:00 . Cabor Kick Boxing Tuban Sabet 16 Medali di Usia yang masih muda   |   15:00 . Jelang Nataru, TPID Tuban Lakukan Pengawasan Kenaikan Harga Sembako di Pasar Baru Tuban   |   14:00 . Meriahkan Hari Jadi Tuban Ke-729, Puluhan Tukang Becak Ikuti Lomba Ketangkasan   |   13:00 . Hobi Diecast yang Menghasilkan Cuan, Pemuda Asal Tuban Buka Jasa Modifikasi Mobil Miniatur   |   12:00 . UMK Tuban Dipastikan Naik Tahun Depan   |   11:00 . 10 Organisasi Profesi di Tuban Tolak Ruu Kesehatan, Ini Bunyi Tuntutannya   |   10:00 . PLN Adakan Peningkatan Keandalan Listrik pada 2 Kecamatan di Tuban 1 Desember 2022 Mendatang   |   09:00 . Trend Harga Emas Antam Turun, Hari ini 29 November 2022 Dibandrol Rp977.000 Per Gram   |  
Wed, 30 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Resep Membuat Kue Kacang untuk Suguhan Lebaran Agar Tahan Lama

bloktuban.com | Tuesday, 19 April 2022 15:00

Resep Membuat Kue Kacang untuk Suguhan Lebaran Agar Tahan Lama Kue kacang rasanya yang gurih dan renyah ternyata mudah dibuat di rumah. (Foto:Lina/bllokTuban.com)

Reporter: S.Y Lailatul Erlina NR.

blokTuban.com - Mendekati lebaran tentunya cemilan yang dihidangkan untuk para tamu yang berdatangan mulai dipersiapkan. Untuk para ibu rumah tangga terkadang mulai berkreasi dengan membuat kue kering yang simpel dan mudah. 

Kue kacang menjadi camilan yang cocok disuguhkan di hari raya. Selain rasanya yang enak, renyah, juga tidak enek sehingga disukai oleh semua kalangan. Cara buatnya yang mudah dan bahannya yang sederhana, bisa dipraktekan dirumah sembari mengisi kesibukan menunggu berbuka puasa.

Salah seorang pengusaha kue kering yang berasal dari Desa Lajokidul, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Kasmonah (41) menjelaskan bahwa untuk pembuatan kue kacang, menggunakan bahan-bahan yang cukup mudah didapat, caranya yang sederhana dan ramah dikantong.

“Kue kacang itu mudah dibuat, bahkan resepnya lihat di internet sudah banyak. Tapi, kebanyakan rasanya kurang renyah dan tidak bertahan lama pasti sudah melempem dan tumbuh jamur,” ucap Kasmonah (41) kepada blokTuban.com, selasa (19/04/2022)

Menurutnya, bahan yang digunakan dalam membuat kue kacang adalah tepung terigu, tepung maizena, kacang tanah, telur, gula halus, minyak goreng, mentega, pewarna kuning telur, dan wijen. Langkah awal yang dilakukan yaitu tepung terigu disangrai, hal ini yang membuat kue kacang bisa lebih renyah dan tahan hingga tiga bulan. 

“Untuk mendapatkan hasil kue kacang yang awet hingga tiga bulan, tepung terigu harus disangrai terlebih dahulu, namun jika tidak dilakukan tidak apa-apa tapi mempengaruhi kerenyahan kue kacang dan lama masa penyimpanan,” ucapnya.

Ketika tepung terigu telah disangrai, kemudian kacang tanah disangrai dan dibuang kulit arinya kemudia dihaluskan, halus atau kasar sesuai selera. Langkah selanjutnya yaitu membuat adonan kue kacang. Tepung terigu yang telah disangrai diayak sampai benar-benar halus agar adonan tidak menggumpal.

Bahan yang disiapkan kemudian dicampur seperti gula halus, minyak goreng, dan kacang yang sudah dihaluskan lalu diaduk rata lalu masukkan tepung terigu dan sedikit tepung maizena uleni hingga kalis. Untuk penggunaan minyak goreng harus memilih minyak goreng yang berkualitas karena akan mempengaruhi rasa gurih pada kue kacang dan tidak mudah tengik.

Setelah adonan siap, kemudian dicetak sesuai selera dan diolesi kuning telur yang diberi tambahan pewarna kuning telur agar warnanya semakin manis, lalu atasnya ditaburi sedikit wijen. Letakkan diloyang lalu oven dengan suhu 150c selama 15-20 menit.

Kue kacang yang sudah matang, kemudian tunggu hingga dingin barulah disimpan ditoples yang kering dan siap untuk menjadi camilan hari lebaran. [Lina/Ali]

 

Tag : Resep Kue Lebaran, Kue Kacang, Tahan Lama, Suguhan Idul Fitri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat