Minyak Goreng Mahal, Begini Siasat Ibu Rumah Tangga Agar Tidak Boros Minyak

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Ketentuan dari pemerintah yang menghapus ketentuan HET (Harga  Eceran Tertinggi) minyak goreng pada 16 Maret lalu, membuat masyarakat merasa  kecewa. Pasalnya, saat ini harga minyak goreng melambung tinggi. 

Seperti yang diketahui jika saat ini harga minyak goreng dalam kemasan mencapai Rp24 ribu per liter. Harga tersebut tentu sangat jauh dari HET minyak goreng yang ditetapkan oleh pemerintah sebelumnya, yaitu Rp14 ribu per liter. 

Mahalnya harga minyak goreng tersebut, tentu banyak membuat ibu-ibu merasa kebingungan karena minyak goreng merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam memasak sehari-hari. Akan tetapi, jika ditelaah lebih lanjut ibu-ibu juga bisa mengurangi penggunaan minyak goreng agar tidak boros. 

Rifda, salah satu ibu rumah tangga yang selama ini juga menggantungkan masakannya dengan minyak mulai mengurangi masakan yang berbau minyak dengan beralih ke masakan lainnya.

“Sekarang agak mengurangi minyak, kalau dulu setiap hari pasti menggoreng. Kalau sekarang paling dua hari sekali baru nggoreng. Biasanya saya seling-seling, biar nggak nggoreng ikan ya ikannya saya pepes,” katanya kepada blokTuban.com, Selasa (22/3/2022).

Selain menghemat minyak goreng, dengan sedikit mengkongsumsi minyak rupanya juga dapat menurunkan resiko kolesterol pada tubuh dan penyakit-penyakit lainnya yang disebabkan lemak berlebih.

Tidak hanya pepes saja, perempuan asal Desa Patihan, Kecamatan, Widang, Kabupaten  Tuban ini juga menyiasatinya dengan mengukus beberapa masakannya. Meski dikatakannya jika tidak seenak makanan yang digoreng, namun mengukus makanan juga bisa menjadi solusi untuk menghemat minyak goreng. 

“Biasanya saya kukus juga seperti dijadikan botok. Sebenarnya sudah dari dulu juga sering ngukus makanan semacam botok tempe dan botok udang,” katanya. 

Memanggang makanan rupanya juga bisa menjadi solusi lain untuk menghemat minyak. Selain itu, kalori dari makanan yang dipanggang lebih rendah dibandingkan makanan yang digoreng. Jadi jika kalian terbiasa menggoreng ayam, cobalah sesekali untuk memanggang ayam. 

Lebih lanjut, perempuan ramah ini  mengatakan jika menumis makanan juga bisa menjadi cara ampuh untuk menghemat minyak goreng. Meskipun cara ini juga membutuhkan minyak, akan tetapi kadar minyak yang dibutuhkan lebih sedikit daripada menggoreng ikan dalam wajan. [Sav/Ali]