23:00 . 8 Khasiat Air Kelapa Wulung Muda Tuban yang Harganya Lebih Mahal dari Kelapa Ijo   |   22:00 . Polisi Tandai 2 Lokasi Balap Liar di Tuban, Patroli Spontan akan Digalakkan   |   21:00 . Bappeda Tuban Prediksi Reaktitasi Jalur Kereta Api Lebih Dulu Dibanding Tol Demak-Tuban   |   20:30 . Posko Penyekatan Hewan Ternak di Perbatasan Tuban-Rembang   |   20:00 . 60 Calon Pengantin di Tuban Dibekali 8 Materi, agar Terhindar Perceraian hingga KDRT   |   19:30 . Ada Posko Sekat PMK Mulai 5-15 Juli 2022, Tuban Tak Terima Ternak dan Daging dari Luar Jatim   |   19:00 . 6 Destinasi Wisata Air Terjun di Tuban Ini Dijamin Menyegarkan Mata Anda!   |   18:00 . Balap Liar di Tuban Bikin Resah Pengguna Jalan, dari JT Bawah Bergeser ke Tikungan Tundung Musuh   |   17:00 . Alamat Kantor Inspektorat Tuban dan Maklumat Pelayanan 2022   |   16:00 . Netizen Komplain Salah Sasaran ETLE Mau Laporan di Samsat Rumit! Polres Tuban: Mudah, Tidak Sampai 1 Hari   |   15:00 . Lirik Lagu dan Chord Gitar Noah (Peterpan) - 'Di Atas Normal'   |   14:00 . Terima Dua Manfaat, Ini yang Dapat Calon Pegantin Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja S1 untuk 10 Posisi di Wings Group Surabaya   |   12:00 . Ranggalawe Mangkat | Teater Komunitas Warna Tuban   |   11:00 . 6.608 Penduduk Tuban Usia Kerja Menganggur, DPRD: Apa yang Dilakukan Pemkab?   |  
Wed, 06 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

IAINU Tuban Gelar Bimbingan Alquran Metode Yanbu’a

bloktuban.com | Monday, 18 April 2022 09:00

IAINU Tuban Gelar Bimbingan Alquran Metode Yanbu’a

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com - Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban melalui Unit Pusat Studi Quran (PSQ) Fakultas Tarbiyah, menggelar bimbingan baca dan tulis Alquran metode Yanbu’a.

Metode Yanbu'a adalah suatu metode pembelajaran membaca, menulis dan menghafal Alqur'an yang disusun secara sistematis yang terdiri tujub jilid. Cara membacanya langsung tidak mengeja, cepat, tepat, benar dan tidak putus-putus disesuai dengan makhorijul huruf dan ilmu tajwid. 

Bimbingan dilaksanakan Senin (18/4/2022). Karena banyaknya materi, bimbingan akan dilaksanakan secara penuh selama satu hari, pagi sampai sore.

‘’Kalau dari awal bimbingan dilaksanakan dua sampai tiga hari. Karena peserta rerata sudah bisa membaca Alquran, sehingga materi difokuskan pada jilid 6 dan 7,’’ ujar Drs.Imam Supriyadi, M.Th.I, Wakil Rektor Bidang Akademis IAINU Tuban.

Sebagai perguruan tinggi islam, lanjut Imam, IAINU mempunyai kewajiban untuk mengembangkan kemampuan baca, tulis dan menghafal Alquran. Salah satu cara yang dilakukan adalah mendidik mahasiswa, karyawan dan staf  serta masyarakat umum mengikuti bimbingan ini.

Narasumber yang dihadirkan adalah Dr. H. Ahmad Faiz, Lc, M.A dan Tim Yanbu’a dari Lajnah Muroqobah Yanbu’a Pusat. Para peserta yang dinyatakan lulus dari bimbingan ini, akan menerima sertifikat. Peserta yang lulus bisa menerapkan dan mengembangkan ilmu dan mengajarkan pada orang lain atau anak didik.

Pembelajaran membaca Alqur'an, lanjut Imam, dapat dilakukan sejak dini, yaitu fokus pembinaan Alqur'an dengan tilawah wa tahfidz atau membaca dan menghafal. Karena tilawah dan tahfidz merupakan langkah pertama orang tua dalam pembinaan iman dan Islam pada anak sejak dini. 

Peran orang tua sangat penting menanamkan kecintaan pada Alqur'an yang suci mulai masa kanak-kanak, hal ini akan menjadi modal yang besar pada masa dewasanya kelak dan menjadikan Generasi Qur'ani.

Penerapan metode Yanbu'a dalam pembelajaran membaca Alqur'an khususnya di Taman pendidikan Alqur'an, kata dia, sangat membantu peserta didik dan bagi siapapun yang mau mempelajari baca tulis Alqur'an.

Peserta yang ikut bimbingan ini sebanyak 164 orang, yang terdiri dari mahasiswa IAINU, staf dan karyawan IAINU serta dari peserta umum. Selain dari Tuban, peserta ada yang berasal dari Kalimantan, Cilacap Jawa Tengah dan Kuningan serta Jakarta.[ono]

 

Tag : alquran, ramadan, bimbingan alquran, metode yanbu'a



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 July 2022 19:00

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar Merdeka belajar merupakan suatu program kebijakan baru yang diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. beliau mengatakan bahwa program merdeka belajar menjadi suatu terobosan untuk...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat