11:00 . Langkah Membuat Instafest Spotify, Nikmati Festival Musik di Handphone   |   10:00 . Petugas BNNK Tuban Kembali Razia Gang Sadar, Pelaku Larikan Diri Tinggalkan 18 Butir Carnophen   |   09:00 . Harga Emas Anam 30 November 2022 Naik di Level Rp981.000 Per Gram, Semua Stok Available   |   08:00 . 3 Hal Penting Urusan Hutang-Piutang dalam Islam   |   19:00 . Hujan Deras Akibatkan Longsor di Banyuurip Tuban   |   18:00 . Lirik Lagu Dreamers - Jungkook (BTS) Feat Fahad Al Kubaisi OST Piala Dunia 2022 dan Terjemah   |   17:00 . Warga Tuban Dikagetkan Seekor Ular Piton di Depan Rumahnya   |   16:00 . Cabor Kick Boxing Tuban Sabet 16 Medali di Usia yang masih muda   |   15:00 . Jelang Nataru, TPID Tuban Lakukan Pengawasan Kenaikan Harga Sembako di Pasar Baru Tuban   |   14:00 . Meriahkan Hari Jadi Tuban Ke-729, Puluhan Tukang Becak Ikuti Lomba Ketangkasan   |   13:00 . Hobi Diecast yang Menghasilkan Cuan, Pemuda Asal Tuban Buka Jasa Modifikasi Mobil Miniatur   |   12:00 . UMK Tuban Dipastikan Naik Tahun Depan   |   11:00 . 10 Organisasi Profesi di Tuban Tolak Ruu Kesehatan, Ini Bunyi Tuntutannya   |   10:00 . PLN Adakan Peningkatan Keandalan Listrik pada 2 Kecamatan di Tuban 1 Desember 2022 Mendatang   |   09:00 . Trend Harga Emas Antam Turun, Hari ini 29 November 2022 Dibandrol Rp977.000 Per Gram   |  
Wed, 30 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

IAINU Tuban Gelar Bimbingan Alquran Metode Yanbu’a

bloktuban.com | Monday, 18 April 2022 09:00

IAINU Tuban Gelar Bimbingan Alquran Metode Yanbu’a

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com - Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban melalui Unit Pusat Studi Quran (PSQ) Fakultas Tarbiyah, menggelar bimbingan baca dan tulis Alquran metode Yanbu’a.

Metode Yanbu'a adalah suatu metode pembelajaran membaca, menulis dan menghafal Alqur'an yang disusun secara sistematis yang terdiri tujub jilid. Cara membacanya langsung tidak mengeja, cepat, tepat, benar dan tidak putus-putus disesuai dengan makhorijul huruf dan ilmu tajwid. 

Bimbingan dilaksanakan Senin (18/4/2022). Karena banyaknya materi, bimbingan akan dilaksanakan secara penuh selama satu hari, pagi sampai sore.

‘’Kalau dari awal bimbingan dilaksanakan dua sampai tiga hari. Karena peserta rerata sudah bisa membaca Alquran, sehingga materi difokuskan pada jilid 6 dan 7,’’ ujar Drs.Imam Supriyadi, M.Th.I, Wakil Rektor Bidang Akademis IAINU Tuban.

Sebagai perguruan tinggi islam, lanjut Imam, IAINU mempunyai kewajiban untuk mengembangkan kemampuan baca, tulis dan menghafal Alquran. Salah satu cara yang dilakukan adalah mendidik mahasiswa, karyawan dan staf  serta masyarakat umum mengikuti bimbingan ini.

Narasumber yang dihadirkan adalah Dr. H. Ahmad Faiz, Lc, M.A dan Tim Yanbu’a dari Lajnah Muroqobah Yanbu’a Pusat. Para peserta yang dinyatakan lulus dari bimbingan ini, akan menerima sertifikat. Peserta yang lulus bisa menerapkan dan mengembangkan ilmu dan mengajarkan pada orang lain atau anak didik.

Pembelajaran membaca Alqur'an, lanjut Imam, dapat dilakukan sejak dini, yaitu fokus pembinaan Alqur'an dengan tilawah wa tahfidz atau membaca dan menghafal. Karena tilawah dan tahfidz merupakan langkah pertama orang tua dalam pembinaan iman dan Islam pada anak sejak dini. 

Peran orang tua sangat penting menanamkan kecintaan pada Alqur'an yang suci mulai masa kanak-kanak, hal ini akan menjadi modal yang besar pada masa dewasanya kelak dan menjadikan Generasi Qur'ani.

Penerapan metode Yanbu'a dalam pembelajaran membaca Alqur'an khususnya di Taman pendidikan Alqur'an, kata dia, sangat membantu peserta didik dan bagi siapapun yang mau mempelajari baca tulis Alqur'an.

Peserta yang ikut bimbingan ini sebanyak 164 orang, yang terdiri dari mahasiswa IAINU, staf dan karyawan IAINU serta dari peserta umum. Selain dari Tuban, peserta ada yang berasal dari Kalimantan, Cilacap Jawa Tengah dan Kuningan serta Jakarta.[ono]

 

Tag : alquran, ramadan, bimbingan alquran, metode yanbu'a



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat