Air Sumur Tulong Makam Mbah Sopal Dipercaya Sembuhkan Penyakit

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Sebuah sumur di Dusun Kajangan, Desa Magersari, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban dipercaya dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Baik penyakit yang diderita oleh manusia, maupun hewan ternak

Sumur tersebut dikenal dengan sebutan Sumur Tulong, yang terletak di samping Makam Mbah Sopal. Mbah Sopal sendiri sampai sekarang diyakini sebagai sesepuh Desa Magersari, dan untuk identitas detailnya belum ada yang mengetahuinya. 

Salah satu pamong desa bernama Hadi mengaku kepada reporter blokTuban.com kurang paham persis siapa sosok Mbah Sopal. Hanya saja setiap hari Jumat, Sumur Tulong ramai dikunjungi oleh orang-orang yang membutuhkan air. 

"Air dari Sumur Tulong biasanya diminum langsung, dan ada juga yang dipakai untuk mandi. Tujuan mereka yang mengambil untuk memohon kepada Tuhan YME kesembuhan," katanya, Sabtu (9/4/20220. 

Sedangkan, Rukamto (50) warga Desa Magersari menambahkan, sepengetahuannya sosok Mbah Sopal konon merupakan Senopati perang (penyusun strategi) di era Majapahit kisaran tahun 1400-an. Dia sampai Dusun Kajangan karena sedang mencari ketenangan.

Untuk melestarikan makam Mbah Sopal dan Sumur Tulong, kebiasaan warga setelah panen raya melakukan tradisi sedekah bumi dimeriahkan dengan hiburan Langen Tayup serta di sembelihkan seekor kambing Jawa.

"Bahkan, jika seniman Sindir tidak amit terlebih dahulu maka suaranya bisa hilang saat menembang," tutupnya. [Lis/Ali]