06:00 . Potret Ritual Tuku Banyu Nggawan Kebomlati di Tuban   |   05:00 . 10 Balita di Tuban Dimandikan di Sungai Bengawan Solo, Bakar Sajen lalu Diberi Paha Ayam Goreng   |   23:59 . Cek Namamu di Link Pemilu Ini, Lapor ke Bawaslu Tuban Jika Merasa Dicatut Partai Politik   |   23:00 . Telepon, Alamat, dan Harga Hias Sepeda Maskot Karnaval dan Pengiring di Tuban   |   21:00 . Honor Petugas Badan Ad Hoc Pemilu 2024 Setara UMK Tuban   |   20:00 . Tak Merasa Ikut Partai Politik, 3 Warga Tuban yang Namanya Dicatut Lapor Bawaslu   |   19:00 . Mengintip Pembuatan Kostum Karnival di Tuban Seharga Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah   |   18:00 . Sosok Ipda Kistelya Pratayama Ray, Perempuan Asal Riau yang Suka Becek Mentok Khas Tuban   |   17:00 . BMKG Prediksi Cuaca di Tuban 9 Agustus 2022: Malam Hari Hujan Ringan   |   16:00 . Literasi Sekolah Anak, Pemuda Tuban Ini akan Safari ke 50 Sekolah di Jawa Timur   |   15:00 . Tumbuhkan Minat Baca Tulis Pelajar, Gerakan Safari Literasi akan Menyasar Sekolah dari Tuban hingga Madura   |   14:00 . Warga Desa Wukiharjo Tuban Ramai-ramai Bikin Nugget dan Jamur dari Jagung, hingga Bouket   |   13:00 . Ini Jadwal dan Lokasi Semarak Agustus di Lamongan, Mulai Agustus Sampai Oktober 2022   |   12:00 . Selasa 9 Agustus 2022: Dua Hari Daging Ayam dan Bawang Merah di Tuban Turun, Diikuti Cabai Biasa   |   11:00 . Jawara Kicau Nasional, Burung Murai ini Ditawar Rp100 Juta   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Petasan Kaleng Bekas Susu Mulai Ramai di Plumpang

bloktuban.com | Sunday, 03 April 2022 15:00

Petasan Kaleng Bekas Susu Mulai Ramai di Plumpang Kaleng bekas disambung kemudian disemprot spirtus. (Foto:Ist)

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Di Indonesia setiap Ramadan selalu dibarengi dengan kemunculan petasan. Ke dua hal itu menjadi sebuah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan layaknya kopi dan gula. 

Begitu juga di Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, anak anak kisaran SD sampai SMP mereka berburu kaleng bekas para penjual es yang ada di Kecamatan Plumpang untuk dijadikan meriam spirtus guna menyambut dan memeriahkan Ramadhan.

Salah satu penjual es biasa di panggil Kocil yang berlokasi di samping Balai Desa Plumpang mengatakan, bahwa waktu Ramadan banyak anak-anak yang meminta kaleng bekas susu untuk dijadikan meriam spirtus.

”Kaleng itu kata anak-anak untuk dipakai membuat petasan,” ucap Kocil pada blokTuban.com, Minggu (3/4/2022).

Kocil menambahkan, dalam sehari bisa menghabiskan 7-10 kaleng susu. Ketika ada yang memintanya, maka dikasih semua bekas kaleng susunya. Sebaliknya jika tidak ada yang meminta, maka kaleng kaleng itu akan di jual ke tukang rosok. 

Ia juga sempat bertanya kepada anak yang mau meminta bekas kaleng susu. Alasan mereka memilih membuat mercon dari kaleng bekas, karena dirasa lebih murah dan lebih tahan lama. 

“Lebih awet dan bisa dipakai berulang-ulang. Kalau petasan beli, selain harganya mahal juga sekali pakai," imbuhnya. 

Data yang dihimpun dari lapangan, cara pengoprasian mercon kaleng ini hampir sama dengan mercon bumbong yang terbuat dari bambu. Bedanya terletak pada bahan bakar dan cara memantikannya.

Bila mercon kaleng menggunakan sprirtus sebagai bahan bakar dan pemantik magnet yang ada di korek api sebagi pemantiknya. Sedangkan mercon bumbung menggunakan karbit dan air sebagi bahan bakar, ditambah kain yang dibakar di kayu sebagai pemantiknya.[Lis/Ali]

Tag : Petasan Kaleng, Kaleng Bekas di Plumpang, Meriahkan Ramadan, bahan buat petasan kaleng, berita Tuban, info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat