Penghujan, Inilah Penyakit yang Rentan Serang Ternak

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com – Biasanya pada awal musim penghujan hewan ternak akan mudah terserang segala macam penyakit. Oleh sebab itu, Kasi Kesehatan Hewan, Dinas Perikanan, Kelautan dan Peternakan Tuban, Basuki, mengimbau agar para peternak mewaspadai penyakit yang biasanya muncul saat musim penghujan.

Saat dikonfirmasi blokTuban.com, Basuki mengatakan, untuk jenis penyakit yang rentan menyerang hewan ternak seperti sapi adalah penyakit Boving Eoemeral Fever (BEF) atau flu, yang disebabkan karena virus yang dibawa oleh nyamuk. Disamping itu penyakit tersebut muncul dikarenakan akibat faktor cuaca.

Sedangkan, masih kata Basuki, pada musim awal penghujan berbagai macam penyakit juga rentan menyerang hewan ternak jenis unggas, diantaranya adalah penyakit pernafasan dan flu, sedangkan untuk hewan ternak jenis kambing penyakit yang rawan menyerang adalah penyakit kembung.

“Awal musim penghujan biasanya kambing diberikan makanan rumput muda, sehingga terjadi kembung,” kata Basuki kepada blokTuban.com.

Ia menambahakan, untuk sementara ini di kawasan Kabupaten Tuban belum ada temuan-temuan penyakit seperti itu. “Karena musim penghujan masih awal,” tambah Basuki. [hud/rom]