Jelang Ramadan Makam Sunan Bonang  Ramai  Peziarah

Reporter: Nurul Khoiriyah

blokTuban.com – Menjelang Bulan Ramadan, biasanya umat muslim akan berlomba-lomba melakukan kebaikan, salah satunya dengan mengunjungi makam-makan wali. Salah satu makam yang saat ini sedang ramai dikunjungi adalah Makam Sunan Bonang.

Meski sudah menjelang malam, tampak peziarah masih ramai berada di sekitar makam. Bahkan, ada yang baru datang. Mereka tampak masih sangat bersemangat untuk berziarah, meski sudah waktunya beristirahat.

Salah satu rombongan yang berasal dari Surabaya, Hilmi (52) mengatakan bahwa rombongannya baru tiba saat Isyak. 

“Rombongan saya baru sampai pas isya’ tadi, jadi ini langsung ke makam sambil istirahat sebentar,” ungkap Hilmipada Rabu (23/3/2022) malam.

Hilmi mengatakan,  ia bersama para rombongannya  memang rutin mengadakan ziarah saat menjelang Bulan Ramadan.

“Memang biasanya, sebelum Ramadan, kita sempatkan untuk ziarah di wilayah dekat-dekat sini, ya di wilayah JawaTimur saja sudak cukup,” lanjutnya.

Ia juga mengungkapkan baru bisa pergi ziarah setelah sekian lama, akibat pandemic Covid-19.

“Tapi bebarapa kali kita tak bisa berangkat karena situasi Covid-19, ya baru bisa berangkat baru-baru kemarin ini,” pungkasnya.

Tak hanya para peziarah saja, para tukang becak dan juga para pedagang di sekitar makam juga masih sangat ramai dan tampak tetap bersemangat mencari nafkah meski sudah malam.

“Mumpung masih ramai, kita masih buka. Barangkali  masih ada rezeki lebih,” ungkap salah satu pedagang di sekitar makam bernama Ifa.[rul/ono]