Galang Dana untuk Rumah Baca Anak, Pemuda Bergerak Plumpang Gelar Pantomim

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Cuaca terik tidak menghalangi semangat para pemuda bergerak Plumpang untuk mengumpulkan donasi dari masyarakat. Kegiatan itu sendiri dilakukan dengan maksud sebagai langkah pertama mendirikan rumah baca yang diprioritaskan untuk anak-anak. 

Menariknya, dari aksi penggalangan tersebut dilakukan dengan cara yang cukup unik. Yaitu dilakukan dengan menggelar pertunjukan pantomin di pinggir jalan. Adanya aksi itu, tentu membuat masyarakat tertarik untuk melihatnya. 

“Ini acara donasi penggalangan dana dan buku untuk pendirian rumah baca anak. Jadi ini teman-teman pemuda bergerak hari ini mengadakan aksi galang dana dan buku karena sebentar lagi kita akan mendirikan rumah baca untuk anak,” terang Bambang Budiono, kepada reporter blokTuban.com, Sabtu (5/3/2022). 

Selain melakukan penggalangan dana, Bambang sapaan akrabnya mengaku jika nanti pihaknya juga akan melakukan story telling dengan keliling ke sekolah-sekolah yang ada di beberapa wilayah Kabupaten Tuban, seperti Rengel, Plumpang dan juga Widang. Diharapkan para siswa bisa menyisihkan sedikit uang sakunya untuk dialokasikan menjadi buku.

“Ada beberapa buku yang sudah sampai di rumah. Jadi kalau buku sifatnya langsung kita amankan di rumah takutnya hujan soalnya,” ungkapnya. 

Kegiatan yang diadakan di pertigaan tugu Kecamatan Plumpang sejak pukul 09.00 WIB tersebut turut dihadiri oleh empat orang, yang mana dua diantaranya berpakaian menjadi mimer. 

Nantinya, Bambang melanjutkan jika uang yang terkempul akan digunakan untuk membeli perlengkapan yang mendukung rumah ramah anak. Seperti membuat rak buku, membeli buku-buku baru serta perlengkapan lainnya. 

Lebih lanjut, buku yang dapat di donasikan untuk rumah baca yaitu tentang pengetahuan sosial, sastra anak, melukis, hingga seputar kegiatan sehari-hari di sekolah. Mengingat target dari kegiatan ini adalah anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar. 

Dengan demikian, pria ramah itu berharap adanya rumah baca untuk anak menjadikan anak memiliki kegiatan yang lebih bermanfaat dibandingkan sebelumnya. [Sav/Ali]