Peduli Sosial Kala Pandemi, TNI Komitmen Jaga Persediaan Stok Darah

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Peran serta TNI khususnya Babinsa di masyarakat tidak diragukan lagi. Bukan hanya ajakan belanegara tapi juga kegiatan lain termasuk kegiatan bakti sosial. Koramil 0811/12 Bancar melalui Babinsa, Serma Pratondo yang turut berpartisipasi dalam kegiatan sosial donor darah yang diadakan di Kantor Kecamatan Bancar dalam rangka rangkaian Hari Jadi Tuban ke 728 Tahun 2021 yang bekerja sama dengan unit donor darah PMI cabang Tuban, Senin (1/11/2021).

Menurut Serma Pratondo kegiatan sosial donor darah yang dilakukan ini merupakan wujud partisipasi aktif TNI dan kepedulian terhadap sesama, serta dapat membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dalam mengumpulkan dan menjaga persediaan/stok darah bila setiap saat dibutuhkan. Selain itu, dapat menjadi sarana untuk lebih mendekatkan TNI dan masyarakat dalam rangka meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Sudah menjadi tugas TNI untuk selalu berperan aktif dalam mengamankan dan mensukseskan kegiatan sosial kemasyarakatan yang dilaksanakan di wilayah, hal ini dimaksudkan untuk lebih mendekatkan diri terhadap masyarakat agar tercipta kemanunggalan TNI dengan rakyat yang semakin erat,” jelas Serma Pratondo.

Sementara itu, Humas Unit Donor Darah (UDD) PMI Cabang Tuban, Sarju Efendi mengatakan pihaknya memberikan apresiasi atas kehadiran dan partisipasi personel TNI dari Koramil Bancar dalam kegiatan rangkaian hari jadi Kota Tuban melalui kegiatan sosial donor darah ini.

“Penting bagi kami untuk mengumpulkan darah dari para pendonor guna membantu orang yang membutuhkan darah akibat beberapa musibah yang terjadi sehingga menghabiskan darah yang cukup banyak, kami juga sangat berterima kasih dan bangga terhadap TNI dalam hal ini Babinsa karena setiap ada event donor darah pasti hadir bahkan menjadi peserta,” ungkapnya.

Sarju berharap melalui kegiatan sosial donor darah ini, rasa peduli terhadap sesama dapat tumbuh dalam diri warga dan masyarakat khususnya dalam kehidupan sehari-hari.

Baik TNI maupun PMI, tak lupa menyerukan kepada masyarakat untuk ikut donor darah karena setetes darah akan berguna menyelamatkan hidup orang lain. Begitupula bagi penyintas Covid-19 untuk aktif mendonorkan plasma sesuai jadwal.

Protokol kesehatan 3M mulai dari memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan air dan sabun, serta menjaga jarak aman juga jangan diabaikan. Selain prokes ketat, vaksinasi juga harus digalakkan supaya level PPKM Tuban yang sekarang 3 bisa diturunkan.

Tanpa adanya kerjasama antara pemerintah, aparat, dan masyarakat akan sulit melawan wabah yang merebak sejak tahun 2019 tersebut. Jangan pernah lengah karena Covid-19 akan kalah. [ali/sas]