23:59 . Cek Namamu di Link Pemilu Ini, Lapor ke Bawaslu Tuban Jika Merasa Dicatut Partai Politik   |   23:00 . Telepon, Alamat, dan Harga Hias Sepeda Maskot Karnaval dan Pengiring di Tuban   |   21:00 . Honor Petugas Badan Ad Hoc Pemilu 2024 Setara UMK Tuban   |   20:00 . Tak Merasa Ikut Partai Politik, 3 Warga Tuban yang Namanya Dicatut Lapor Bawaslu   |   19:00 . Mengintip Pembuatan Kostum Karnival di Tuban Seharga Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah   |   18:00 . Sosok Ipda Kistelya Pratayama Ray, Perempuan Asal Riau yang Suka Becek Mentok Khas Tuban   |   17:00 . BMKG Prediksi Cuaca di Tuban 9 Agustus 2022: Malam Hari Hujan Ringan   |   16:00 . Literasi Sekolah Anak, Pemuda Tuban Ini akan Safari ke 50 Sekolah di Jawa Timur   |   15:00 . Tumbuhkan Minat Baca Tulis Pelajar, Gerakan Safari Literasi akan Menyasar Sekolah dari Tuban hingga Madura   |   14:00 . Warga Desa Wukiharjo Tuban Ramai-ramai Bikin Nugget dan Jamur dari Jagung, hingga Bouket   |   13:00 . Ini Jadwal dan Lokasi Semarak Agustus di Lamongan, Mulai Agustus Sampai Oktober 2022   |   12:00 . Selasa 9 Agustus 2022: Dua Hari Daging Ayam dan Bawang Merah di Tuban Turun, Diikuti Cabai Biasa   |   11:00 . Jawara Kicau Nasional, Burung Murai ini Ditawar Rp100 Juta   |   10:00 . Pelatihan Gratis Batch 5 UPT BLK Tuban, Ada 3 Kejuruan Kompetensi yang Bisa Dipilih   |   09:00 . Naik Rp9.000, Harga Emas Antam Per Gram Capai Rp996.000   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Rugikan Konsumen Rp1,5 Miliar, Penjual Kelinci Online Asal Merakurak Dibekuk Polisi

bloktuban.com | Friday, 22 October 2021 14:00

Rugikan Konsumen Rp1,5 Miliar, Penjual Kelinci Online Asal Merakurak Dibekuk Polisi DIAMANKAN : Pelaku Penipuan Jual Beli Kelinci secara Online Diamankan Polisi.(blokTuban/foto : ali)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Seorang penjual kelinci online bernama Giank Muchdian Arifta Putra (28) asal Desa Tuwiri Kulon, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban dibekuk polisi. Ia diduga menipu korbannya sebanyak 50 orang dengan total kerugian Rp1,5 miliar.

Kapolsek Jenu, AKP Rukimin mengatakan caravpenjual kelinci tersebut membuat percaya konsumennya dengan memberi pelayanan terbaik di transaksi pertama dan kedua. Di transaksi ketiga baru dimulai tipu muslihatnya dengan menjual kelinci fiktif melalui sosial media seperti FB dan WA.

"Beli pertama dan kedua lancar. Yang ketiga kalinya baru dimulai penipuannya kepada warga masyarakat khususnya di Kabupaten Tuban," kata Rukimin di kantornya, Jumat (22/10/2021).

Mantan Kapolsek Tambakboyo ini menambahkan, rata-rata korbannya telah tertipu dengan jumlah berbeda. Korban terakhir mengaku telah mengeluarkan uang Rp 3 juta. Sedangkan korban yang lain dikabarkan merugi mulai dari nominal Rp150 juta, Rp180 juta, hingga Rp500 juta.

Setiap korban tertipu bukan hanya sekali, karena pelaku penipuan memberi kepercayaan di awal. Dari 50 korban bila dihitung estimasi kerugiannya mencapai Rp1,5 miliar.

"Selain penipuan pembeli kelinci, pelaku juga menipu teman-temannya melalui investasi untuk bisnis kelinci. Modusnya sama awalnya diberi keuntungan yang menggiurkan tapi akhirnya juga menipu para investornya," imbuhnya.

Sejauhini lanjut Rukimin baru satu korban terakhir yang melaporkan kasus penipuan ke polisi. Korban lainnya warga Jenu ada yang merugi hingga Rp500 juta. Pasal yang diterapkan polisi yaitu 378/372 terkait penipuan dan penggelapan dengan ancaman 4 tahun penjara.

Sementara penjual kelinci online, Giank membenarkan bahwa dirinya ditangkap polisi karena menjual kelinci tapi tidak ada barangnya alias fiktif. Ia memulai berbisnis kelinci sejak tahu  2018.

"Saya menipu teman karena terlilit utang, dengan cara membuat perjanjian kerjasama. Awalnya yang saya tipu memberi Rp20 juta, setelah diberi keuntungan akhirnya korban memberi sampai Rp150 juta," sambungnya.

Giank menghitung jumlah uang hasil penipuannya mencapai Rp2 miliar lebih. Untuk di Kecamatan Jenu jumlah yang ketipu lima sampai enam orang. Di Tuban kota juga ada, di Kabupaten Bojonegoro juga ada yaitu teman yang awalnya menitipkan pakan kelinci yang dijual di rumahnya hingga istrinya jatuh sakit.

Giank mengaku menjual kelinci beberapa jenis seperti kelinci Rex, New Zealand dengan harga Rp300-500 ribu per ekor. Jenis yang peling diminati adalah Rex oleh para korban penipuan. [ali/ono]

 

Tag : penipuan, . penggelapan, jual kelinci



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat