06:00 . Potret Ritual Tuku Banyu Nggawan Kebomlati di Tuban   |   05:00 . 10 Balita di Tuban Dimandikan di Sungai Bengawan Solo, Bakar Sajen lalu Diberi Paha Ayam Goreng   |   23:59 . Cek Namamu di Link Pemilu Ini, Lapor ke Bawaslu Tuban Jika Merasa Dicatut Partai Politik   |   23:00 . Telepon, Alamat, dan Harga Hias Sepeda Maskot Karnaval dan Pengiring di Tuban   |   21:00 . Honor Petugas Badan Ad Hoc Pemilu 2024 Setara UMK Tuban   |   20:00 . Tak Merasa Ikut Partai Politik, 3 Warga Tuban yang Namanya Dicatut Lapor Bawaslu   |   19:00 . Mengintip Pembuatan Kostum Karnival di Tuban Seharga Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah   |   18:00 . Sosok Ipda Kistelya Pratayama Ray, Perempuan Asal Riau yang Suka Becek Mentok Khas Tuban   |   17:00 . BMKG Prediksi Cuaca di Tuban 9 Agustus 2022: Malam Hari Hujan Ringan   |   16:00 . Literasi Sekolah Anak, Pemuda Tuban Ini akan Safari ke 50 Sekolah di Jawa Timur   |   15:00 . Tumbuhkan Minat Baca Tulis Pelajar, Gerakan Safari Literasi akan Menyasar Sekolah dari Tuban hingga Madura   |   14:00 . Warga Desa Wukiharjo Tuban Ramai-ramai Bikin Nugget dan Jamur dari Jagung, hingga Bouket   |   13:00 . Ini Jadwal dan Lokasi Semarak Agustus di Lamongan, Mulai Agustus Sampai Oktober 2022   |   12:00 . Selasa 9 Agustus 2022: Dua Hari Daging Ayam dan Bawang Merah di Tuban Turun, Diikuti Cabai Biasa   |   11:00 . Jawara Kicau Nasional, Burung Murai ini Ditawar Rp100 Juta   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ini Masterpiece Empat Museum yang Dipamerkan di Tuban

bloktuban.com | Monday, 04 October 2021 10:00

Ini Masterpiece  Empat Museum yang Dipamerkan di Tuban

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Pelaksanaan pameran bersama lima museum di Museum Kambang Putih Tuban yang berlokasi di Jl. R.A Kartini No.3, Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban berlangsung selama 5 hari mulai dari tanggal 2 Oktober hingga 6 Oktober 2021.

Pameran dari kegiatan dana alokasi khusus (DAK) Badan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Museum dan Taman Budaya tersebut pada tahun ini mengusung tema “Masterpiece Museum”. Selain Museum Kambang Putih yang memamerkan Kalpataru sebagai masterpiecenya, terdapat empat museum lain yang turut serta memamerkan masterpiece museum mereka.

Keempat museum tersebut antara lain Museum Bayt Al-Quran dan Museum Istiqlal Taman Mini Jakarta, Musuem Batik Pekalongan, Museum Airlangga Kediri, dan Museum Daerah Tulung Agung (Wajakensis).

Masterpiece dari Musuem Bayt Al-Quran dan Museum Istiqlal Taman Mini Jakarta adalah Mushaf Istiqlal. Mushaf tersebut dibuat pada tahun 1991-1995 atas inisiasi dari Presiden Seoharto. Mushaf Istiqlal merupakan salah satu mushaf dari dua mushaf di Indonesia yang memiliki iluminasi mushaf yang merepresentasikan 27 provinsi yang ada di Indonesia.

“Biasanya itu setiap daerah hanya memiliki satu iluminasi, contohnya kalau di museum kami ada Mushaf Jakarta, Mushaf sundawi, Mushaf jambi, dan sebagainya,” jelas Ida Fitriani selaku edukator Museum Bayt Alqur’an pada Senin (4/10/2021).

Ida juga menambahkan bahwa corak representatif 27 provinsi tersebut diambil dari ciri khas daerah, baik itu dari bentuk bangunan, tekstil, batik, dan lain sebagainya. Selain memiliki ciri khas iluminasi mushaf 27 provinsi, Mushaf Istiqlal juga merupakan salah satu mushaf yang penulisannya centering (rata tengah) dan setiap awal surat selalu berada di kanan halaman.

“Kalau kita lihat mushaf lain biasanya penulisan rata kiri kanan dan awal surat bisa nyambung saja di bawahnya,” terangnya.

Selanjutnya, masterpiece dari Museum Batik Pekalongan yang dipamerkan adalah batik Pancasila. Batik tersebut memang memiliki corak lambang pancasila. Batik pancasila dibuat pada tahun 2016 oleh karyawan museum sendiri untuk dipamerkan di hari kesaktian pancasila.

“Di Pekalongan setiap hari batik, selalu diadakan pameran sehingga bertepatan dengan itu maka batik pancasila ini bisa dipamerkan,” jelas Kurnia selaku edukator museum batik Pekalongan.

Selain batik pancasila, terdapat beberapa batik lain yang dipamerkan yaitu batik parang rusak, batik tiga negeri, batik buketan, dan batik Jawa hokokai pagi sore.

Museum Airlangga Kediri memiliki masterpiece jambangan batu. Jambangan batu sendiri memiliki panjang sekitar 1,7 meter yang besarnya hampir menyerupai bak mandi, sebab itu koleksi yang dipamerkan hanya arca Dewa Brahma, arca patung primitive, dan arca Dewi Parvati.

“Karena Jambangan Batu ini tidak memungkinkan dibawa, maka kami hanya memamerkan sebagian koleksi yang mudah dibawa saja, mengingat jarak dari Kediri-Tuban yang tidak dekat juga untuk meminimalisir risiko karena koleksinya asli,” terang Andi rahardi selaku edukator museum Airlangga.

Terakhir adalah masterpiece dari Museum Daerah Tulung Agung (Wajakensis) yaitu fosil tengkorak Wajakensis yang ditemukan di tahun 1889-1890 oleh Eugene Dubois di daerah Wajak-Besole, Tulung Agung selatan.

“Ini fosil tengkoraknya hanya replika, karena yang orisinil ada di Belanda,” terang Andi Kustian, edukator Museum Wajakensis.

Selain fosil tengkorak tersebut, juga dipamerkan replika dari manusia pra sejarah wajakensis dan koleksi arkeologi peninggalan masa klasik. “Sebenarnya replika manusia wajakensis ini juga masih menduga-duga karena bukan temuan asli seperti di Trinil atau Sangiran, namun ini dulu usulan Budayawan Tulung Agung untuk membuatkan seluruh tubuh dari manusia Wajakensis agar setidaknya mengetahui gambarannya seperti apa,” tutup Andi. [dina/ono] 

 

Tag : museum, . masterpiece, pameran museeum



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat