Lapas Tuban Deklarasikan Perang Halinar

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tuban menggelar apel deklarasi perang terhadap handpone, pungli dan narkoba (halinar), Kamis (30/9/2021).

Apel deklarasi yang diikuti oleh seluruh petugas lapas itu ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama  perang terhadap Halinar di aula lapas setempat.

"Kegiatan pagi ini adalah apel deklarasi perang terhadap Halinar. Kegiatan ini sebetulnya sudah kita laksanakan sejak lama namun deklarasinya baru hari ini," kata Kepala Lapas Tuban, Siswarno.

Menurutnya, deklarasi ini bukan hanya sekadar seremonial, akan tetapi Lapas Tuban harus sudah benar-benar siap perang terhadap Halinar. Hal itu, dalam rangka untuk mencapai tujuan dari organisasi.

Sejauh ini, dalam rangka melaksanakan pengawasan telah dibentuk Tim Satops Patnal yang mana tim tersebut bertugas mulai Pencegahan, Penegakan dan Evaluasi. Namun secara umum itu menjadi tugas kita bersama.

Sementara itu sesuai dengan intruksi dari pimpinan, jika nantinya ada temuan terkait penyalahgunaan Handpone, Pungli dan Narkoba sanksinya sangat berat. 

"Alhamdulillah di Lapas Tuban sejauh ini tidak pernah ada (temuan) dan mudah-mudahan tidak ada sampai selanjutnya," pungkasnya.

Dia berharap deklarasi ini bukan seremoni saja, namun juga ditanamkan di hati nurani sehingga bisa dilaksanakan dan tujuan organisasi bisa tercapai. Disamping itu, juga mendapatkan dukungan dari para petugas maupun warga binaan.[hud/ono]