Disdik Tuban Tegaskan Tidak Ada Kelalaian Sekolah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sebanyak 149 Unit Tablet Merk Samsung GALAXY TAB A untuk pembelajaran daring milik Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Semanding, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban raib dicuri maling.

Akibat raibnya ratusan unit tablet itu, SMPN 1 Semanding mengalami kerugian materil kurang lebih mencapai sekitar Rp296.510.000.

Atas kejadian itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tuban, Nur Khamid didampingi Kepala Sekolah serta berapa staf langsung meninjau bagian luar ruangan laboratorium komputer SMPN 1 Semanding, tempat dimana ratusan unit Tablet Unit Merk Samsung GALAXY TAB A itu disimpan.

Usai melakukan peninjauan, Nur Khamid menyampaikan rasa sedih atas kejadian hilangnya ratusan tablet itu. Sebab, dimasa seperti saat ini para siswa-siswi sangat membutuhkan tablet tersebut untuk proses pembelajaran.

"Saya sangat sedih, karena ini adalah aset pemerintah yang ada di SMPN 1 Semanding. Dan kami sangat membutuhkan untuk proses pembelajaran," ungkap Nur Khamid ketika meninjau lokasi, Rabu (1/9/2021).

Menurutnya, kejadian ini bukan merupakan kelalaian dari pihak sekolah. Sebab, pihak sekolah telah menyimpan ratusan tablet itu di ruangan yang cukup aman, mulai dari penggembokan double hingga pemasangan teralis di semua jendela.

"Jadi kejadian ini tidak ada kelalaian dari pihak sekolah," imbuh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban.

Tonton Vide Selengkapnya:

Dia berharap, laporan dari pihak SMPN 1 Semanding, Kecamatan Semanding ini agar segera ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian baik dari Polsek maupun Polres, sehingga kejadian ini segera bisa diungkap.

"Saya harap pihak kepolisian segera bisa mengungkap kejadian ini. Sehingga ratusan tablet tersebut bisa kembali dimanfaatkan oleh para siswa-siswi," harap Nur Khamid.

Ditempat yang sama, Kepala Sekolah SMPN 1 Semanding, Jajuk Jurijatmi mengatakan, kejadian itu telah dilaporkan ke pihak kepolisian Polsek Semanding. Adapun, untuk jumlah tablet yang hilang ada sebanyak 149 unit.

"Jumlah Tablet Samsung yang hilang ada 149 unit. Kejadian ini sudah saya laporkan ke kepolisian," jelas Jajuk.

Sementara itu, Kapolsek Semanding IPTU Carito mengungkapkan, pihak Polsek Semanding telah menerima laporan terkait adanya kejadian pencurian ratusan Unit Tablet Merk Samsung GALAXY TAB A milik SMPN 1 Semanding.

"Unit Tablet yang hilang ada sebanyak 149 Unit Tablet Merk Samsung GALAXY TAB A beserta keseluruhan dushbooknya yang hilang akibat dicuri oleh orang yang belum diketahui identitasnya," terang IPTU Carito.

Lebih lanjut, pihak Kepala Sekolah SMPN 1 Tuban juga menegaskan, bahwa tidak ada siswa-siswi yang meminjam maupun mempergunakan tablet-tablet yang berada di ruangan tersebut.

Atas kejadian pencurian tersebut, pihak sekolah SMP Negeri 1 Semanding ditaksir mengalami kerugian material kurang lebih sekitar Rp.296.510.000.[hud/col]