Vaksin Covid-19 Virtual di Ponpes Langitan, Dipantau Panglima TNI dan Kapolri

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Ponpes Langitan di Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban menggelar vaksinasi Covid-19 kepada 2.000 santri secara virtual, Kamis (26/8/2021).

Vaksinasi tersebut dipantau langsung Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto beserta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Panglima TNI dan Kapolri meninjau serbuan vaksinasi yang dilaksanakan secara serentak, dengan menyiapkan sebanyak 37.150 dosis yang disediakan. Sasarannya santri dan pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) di Jawa Timur.

Dalam kunjungan di lokasi vaksinasi Ponpes Tebuireng Jatim sekitar pukul 16.30 WIB, Panglima TNI dan juga Kapolri didampingi langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto dan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta. 

Pada kegiatan ini, dengan melakukan video conference terhadap 41 Pondok Pesantren di Jawa Timur yang sedang menyelenggarakan vaksinasi bantuan dari Panglima TNI.

Para jajaran Forkopimda Jatim dan Bupati se-Jatim menjamin bahwa pelaksanaan kegiatan serbuan vaksinasi secara serentak ini dapat berjalan lancar, tertib dan terhindar dari potensi penularan virus. 

Dalam kegiatan hari ini dilakukan Vaksinasi serentak untuk kalangan santri Ponpes di Jawa Timur dengan harapan tidak mengganggu kesehatan pada saat proses belajar-mengajar, maka para santri dalam menimba ilmu akan terus sehat dan terjaga dari risiko penularan Virus Corona (Covid-19).

“Saya dan Kapolri juga Gubernur mendengar apa yang dilaporkan oleh Forkopimda Tuban. Mudah-mudahan Vaksinasi di Pondok Pesantren Langitan lancar sesuai rencana. Dan jika memang masih ada kekurangan Vaksin, di luar Vaksin tahap kedua, bisa dilaporkan secara berjenjang ke Pangdam V Brawijaya dan harapan kita semua seluruh Ponpes di Jatim bisa divaksin dosis pertama dan kedua,” jelas Panglima TNI.

Selain itu, percakapan video conference juga dilakukan dengan Ponpes lainnya. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berharap, Vaksinasi Covid-19 untuk santri dan masyarakat umum juga dikoordinasi oleh Kodim dan Kodam supaya berjalan lancar dan dapat dimaksimalkan. Terutama bagi para santri seluruh ponpes di Jawa Timur.

Ia juga berpesan, para Tenaga Kesehatan (Nakes) dan Vaksinator agar melaksanakan tugas dengan semaksimal mungkin.

“Terima kasih semua, semoga program Vaksinasi ini berjalan dengan lancar dan santri bisa kembali melaksanakan aktivitas, tetapi dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Protkes),” tegas Panglima TNI.

Pada pelaksanaan kegiatan Serbuan Vaksinasi secara serentak yang dilakukan di Pondok Pesantren Langitan, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban ini dihadiri oleh Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon, Kabagren Polres Tuban AKBP Nur Khozin, Kasi Pidsus Kejari Tuban Andy Rachman, Pengasuh Ponpes Langitan Gus Maksum, Forkopimca Widang, Kapolkes 05.10.07 Tuban Peltu Agung, tim vaksinator puskesmas dan para peserta vaksin. [ali/ono]