Sehari Sekitar 10 Penumpang Bus di Terminal Tuban di Tes Genose C19 

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Petugas di terminal Kambang Putih Kabupaten Tuban memberikan pelayanan Tes Genose C19 secara gratis bagi sejumlah penumpang bus yang berada di terminal.

Pelayanan tes tersebut untuk mendeteksi Covid-19 bagi para penumpang bus itu dilakukan secara acak dengan jumlah sekitar 10 penumpang dalam sehari.

Staf terminal Kambang Putih Tuban Bagian Operator Genose C19, Musa menyampaikan, petugas di terminal Kambang Putih Tuban memberikan pelayanan tes Genose C19 untuk mendeteksi Covid-19.

"Belum ada perintah untuk menarik tarif dari Tes Genose C19. Jadi sementara ini pelayanan Tes Genose C19 dilakukan secara gratis," kata Musa kepada blokTuban.com.

Berdasarkan perintah dari Kepala Balai atau Dirjen, tes Genose C19 secara acak tersebut mentargetkan sebayak 10 penumpang dalam sehari. Namun jika ada permintaan dari penumpang atau masyarakat tetap dilayani.

"Jadi Tes Genose C19 ini dalam sehari ada 10 penumpang. Tapi jika ada permintaan dari masyarakat atau penumpang tetap kita layani," pungkasnya.

Diketahui, sejak 17 Mei 2021 kemarin pemberlakuan larangan mudik telah berakhir. Kendati begitu aturan tambahan tentang pengetatan perjalanan masih berlaku hingga 24 Mei 2021. 

Aturan tersebut tertulis dalam addendum Surat Edaran (SE) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 H dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 H.

Dalam aturan tambahan tersebut dijelaskan, pelaku perjalanan yang menggunakan transportasi umum darat akan diberlakukan tes acak rapid test antigen atau tes GeNose C19 apabila diperlukan oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Daerah.[hud/ono]