21:00 . Viral Postingan Denda Tilang Mobil INCAR Rp750 ribu, Begini Kata Polres Tuban   |   20:00 . Omset Penjual Hewan Kurban Dadakan di Tuban Rp10-15 Juta Sehari   |   19:00 . Dear Warga, Cek Label Sehat Sebelum Beli Hewan Kurban di Tuban   |   18:00 . Domba Lokal Bertanduk Banyak Diburu di Tuban, Segini Kisaran Harganya   |   17:00 . Sudah 2.525 Warga Tuban Terekam Mobil INCAR, Polisi: Kebiasaan Baik Harus Dipaksa   |   16:00 . Ikuti Program Revitalisasi, KUA Tuban dan Soko Dimonev Kemenag RI   |   15:00 . Punya Sejarah 70 Tahun, Asosiasi Dokter Medis Sedunia Hanya Akui IDI Organisasi Dokter di Indonesia   |   14:00 . Harga Kambing Kurban di Tuban Termahal Rp7 Juta per Ekor, Penjual: Gratis Ongkos Kirim   |   13:00 . Mengenal Demokrasi dalam Perspektif Masyarakat   |   12:00 . Rupa Sesaji di Manganan Bektiharjo Tuban   |   11:30 . Ini Doa Saat Manganan Bektiharjo Tuban   |   11:00 . Lirik Lagu dan Chord Luka Sekerat Rasa - Cover Maulana Ardiansyah (Live Ska Reggae Trending on Youtube)   |   10:30 . Memberi Makan Kera Bektiharjo Tuban   |   10:00 . Tradisi Manganan Bektiharjo Tuban: Memberi Makan Ikan   |   09:30 . Manganan Bektiharjo Tuban Setiap Rabu Pon   |  
Wed, 06 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tiga Perusahaan Sektor Pertambangan Selesaikan Aduan THR

bloktuban.com | Monday, 10 May 2021 11:00

Tiga Perusahaan Sektor Pertambangan Selesaikan Aduan THR

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, tiga perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan di Kabupaten Tuban dipastikan telah menyelesaikan aduan Tunjangan Hari Raya (THR) dari karyawannya.

"Ada tiga perusahaan tambang yang diadukan, tapi sudah diselesaikan," ujar Kepala Bidang Hubungan Industrial (HI) Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PM PTSP & Naker) Kabupaten Tuban, Wadiono kepada reporter blokTuban.com, Senin (10/5/2021).

Untuk perusahaan yang diadukan tersebut, Wadiono enggan menyebutkan namanya. Dibeberkan data bahwa ketiganya bergerak di sektor tambang di Bumi Wali.

Sejak membuka posko pengaduan THR yang bermasalah secara online dan offline tanggal 19 April 2021, Dinas PM PTSP dan TK menerima aduan THR pada tanggal 4 Mei 2021.

Awalnya sebelum perusahaan yang dimaksud akan membayar dengan cara dicicil sebelum batas berakhirnya pembayaran THR sebanyak 50 persen. Pada bulan Juni 25 persen dan bulan Juli sebesar 25 persen.

"Setelah dikomunikasikan akhirnya perusahaan telah membayar THR di akhir batas pembayaran," imbuhnya.

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 pada pasal 9 perusahaan wajib memberikan THR kepada pekerja atau buruh.

Jika tidak dipenuhi di pasal 79 sudah mengatur terkait sanksi meliputi, teguran, tertulis, pembatasan kegiatan usaha, penghentian sementara sebagian atau seluruh alat produksi dan pembekuan kegiatan usaha.

Sebelumnya, Pemkab Tuban tidak ingin ada lagi pengusaha yang telat atau tidak membayarkan THR kepada karyawannya di tahun 2021. Harapan tersebut muncul setelah berkaca dari tahun 2020 bertepatan dengan mewabahnya Covid-19.

Dia mengatakan tahun lalu ada tiga pengusaha koperasi simpan pinjam yang diadukan oleh karyawannya karena telat membayarkan THR Idul Fitri 2020.

Upaya mengantisipasi kejadian tidak terulang, Wadiono membuka tempat pengaduan yang sebelumnya di Balai Latihan Kerja (BLK), untuk tahun ini di Kantor Dinas PM PTSP & Naker di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo Tuban. Bisa juga ke nomor WA milik Wadiono +62 813-1005-5399.

Tempat pengaduan THR tahun 2021 tidak dibatasi waktunya. Artinya pemkab memberikan layanan kepada karyawan yang merasa belum dibayarkan THRnya baik sebelum maupun sesudah Idul Fitri selama 24 jam.

Bagi pengusaha yang keberatan atau tidak mampu membayarkan THR, bisa menempuh langkah komunikasi dengan karyawannya. Asalkan karyawannya mau maka penundaan pembayaran THR bisa dilakukan, tapi jika menolak maka dikembalikan ke aturan yang berlaku.

"THR ini haknya pekerja maka jika pengusaha tidak mampu harus komunikasi intens dengan karyawannya. Dalam aturan THR wajib dibayarkan H-7," tandas mantan Penegak Perda di Kantor Satpol PP Kabupaten Tuban. [ali/ono]

 

Tag : thr, perusahaantabang, pemkab



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat