Kebutuhan Air ABK Kapal di Pelsus SI Tuban Terganggu, Tiga Truk Supplyer Ditahan Polisi

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Para Anak Buah Kapal (ABK) yang tergabung di agen pemilik kapal ekspeditur di area Pelabuhan Khusus (Pelsus) PT. Semen Indonesia (SIG) pabrik Tuban di Kecamatan Jenu pekan depan diprediksi mulai kekurangan air bersih, Rabu (6/5/2020).

Sebab ada tiga truk tangki supplyer air bersih yang biasa memasok, ditahan oleh polisi setempat. Alasan polisi menahan, karena tidak ada Surat Ijin Pengeboran Air tanah (SIPA).

Kepada blokTuban.com, Kapolsek Jenu, AKP. Rukimin masih mendalami kasus ini. Polisi sementara hanya menertibkan truk untuk tidak lagi mengirim air ke kapal. "Masih kita dalami dan tertibkan," terang Rukimin.

Mantan Kapolsek Tambakboyo ini menambahkan, yang didalami adalah pasokan airnya. Setelah petugas kroscek ternyata izin SIPA-nya nihil.

Terpisah, Manager Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Indonesia, Siswanto menjelaskan, yang membutuhkan air itu adalah keperluan Anak Buah Kapal (ABK) ekpeditur kapal masing-masing, dan bukan SI.

"Pasokan air selama ini untuk memenuhi kebutuhan agen pemilik kapal," sambung Siswanto.

Tiga truk tangki supplyer yang ditahan polisi merupakan sub Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Mandiri Sejahtera (BUMDes) Socorejo, Kecamatan Jenu. Manajer BUMDes Rohmad Hidayat, menghentikan sementara operasional pengiriman air mulai Senin tanggal 11 Mei 2020.

"Sejak dulu memang tidak ada SIPA, tapi kenapa baru sekarang disoal," terangnya.

Kepala Desa Socorejo, Z. Arief Rahman Hakim menyayangkan penahanan truk tersebut. Jika berbicara SIPA, semua pengusaha tambak yang ada di wilayah Jenu diprediksi tidak ada yang punya SIPA.

"Pengusaha tambak dan pengusaha supply air yang lain semisal yang supply air di Pelsus TPPI dan PLTU juga tidak ada SIPA," tegasnya.

Kades Arief menambahkan, dengan berhentinya operasi truk supplyer air ke kapal di area Pelsus, operasional BUMDes juga terhambat dan bantuan tahunan untuk warga terancam terhenti.

"Karena selama ini laba usaha BUMDes kami kembalikan manfaatnya untuk seluruh warga di Socorejo," pungkasnya. [ali/rom]