Santai dan Murah, 3 Sendang Ini Jadi Alternatif Masyarakat Saat Liburan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Libur hari besar Islam, yakni Isra' Mi'raj yang jatuh pada hari Rabu (3/4/2019) ini dimaksimalkan betul oleh sebagian besar masyarakat yang ada di Kabupaten Tuban untuk liburan, berwisata, mengisi hari libur.

Banyaknya spot wisata di Bumi Wali, sebutan lain Kabupaten Tuban, barangkali banyak berpusat di wilayah kiya saja. Namun jangan salah, ada juga alternatif tempat berlibur yang santai juga murah meriah pilihan masyarakat yang ada di Tuban bagian selatan, yaitu wisata air atau sering disebut dengan Sendang.

Meskipun banyak Sendang yang mulai dikelola baik oleh masyarakat maupun pemuda setempat, namun 3 Sendang ini yang sedang gencar dikunjungi oleh masyarakat umum dari dalam maupun luar wilayah Tuban. Adalah Sendang Gede, Sendang Sendang Kuwon, dan Sendang Maibit.

Sendang Gede yang berada di kaki perbukitan Desa Jegulo, Kecamatan Soko, memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Sumber mata air yang jernih, disertai gubahan tata ruang wisata oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat, membuat betah setiap orang yang berkunjung.

"Di sini santai, pemandangan dari atas bisa lepas lihat daratan yang indah," ungkap Kartika, pengunjung asal Kabupaten Bojonegoro.

Ditambahkannya lagi, keadaan tersebut dinilai cocok untuk dia bersama kawan-kawannya untuk bersantai sembari mengabadikan momen liburan di wisata bertajuk alam.

"Kalau masuk sini tadi gratis. Cuma belum tau, kalau nanti sudah dibangun lebih lagi masuknya bisa diterapkan tiket," paparnya.

Di tempat berbeda, blokTuban.com juga menjumpai sejumlah pemuda dari Kecamatan Plumpang yang berkunjung ke Desa Pekuwon, Kecamatan Rengel, yakni Sendang Kuwon.

Mereka mengaku banyak mendengar cerita dari teman setongkrongan, jika Sendang tersebut punya tempat nyaman, santai, teduh, dan cocok digunakan untuk refreshing memancing.

"Kesini memang untuk santai bareng, liburan ya mancing saja," terang Dino, salah satu pemuda.

Kemudian, Sendang berikutnya yang ada di Desa Maibit, Kecamatan Rengel yang terkenal dengan Bumi Perkemahannya, juga nampak dikunjungi muda-mudi. Alasannya pengunjung datang ke Sendang Maibit rupanya cukup sederhana, bersantai, dan berburu photo dengan kerabat.

"Kita hari ini keliling, cari spot swafoto. Ya, mumpung liburan. Jadinya cari tempat yang dekat saja, tapi tetap nyaman dan meriah," beber Aji, pemuda dari Kecamatan Soko ketika ditanya tujuan berwisata pada hari libur saat ini. [feb/ito].