Manfaatkan Lahan Sekitar Empang untuk Pengembangan Agrobis

Reporter: M. Anang Febri 

blokTuban.com - Pemberdayaan potensi lokal Desa Sokosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban sedang dalam upaya perluasan sasaran. Hal tersebut bisa dilihat dalam progres bertahap, dari sektor perikanan. Pemanfaatan empang digagas menjadi multifungsi proyek Agrobis pemerintah desa (Pemdes) setempat.

Pantauan lapangan blokTuban.com, empang yang berada di sekitar 50 meter dari timur jalan raya Sokosari itu tampak dikelilingi pagar kawat. Lahan di sana ditanami berbagai tanaman pohon berbuah.

"Ini tempat untuk pelihara ikan. Kurang tahu ke depan akan seperti apa, soalnya sudah ditanami pohon buah-buahan juga sepertinya akan dikembangkan," ujar warga sekitar, Samuri kepada blokTuban.com, Jumat (25/1/2019).

Ditambahkannya, warga sekitar menyambut baik rencana dari Pemdes terkait pengembangan perluasan agrobis untuk pemberdayaan masyarakat setempat.

"Kalau dikolelola lagi ya bagus, soalnya tempat ini juga sudah lama nggak tersentuh," tambahnya.

Seperti yang dipaparkan Kepala Desa (Kades) Sokosari beberapa waktu lalu, pengembangan potensi lokal memang sedang digencarkan guna menjaring investasi ekonomi kalangan masyarakat menengah ke bawah.

"Kita lakukan, meskipun masih bertahap. Namun, sedikit banyak pasti direalisasikan supaya meningkatkan kapasitas ekonomi masyarakat," ungkap Kades Sokosari, Edi Purnomo dalam di sela beraktivitas di Kantor Balai Desa Sokosari, Senin (14/1/2019) lalu. [feb/col]