Optimalkan Kelola Sampah, DLH Himbau Warga Manfaatkan Bank Sampah 

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - ‎Salah satu upaya penanganan utama sampah golongan rumah tangga maupun lingkungan, bisa dijadikan bahan pupuk alami. Selain itu, juga dapat didaur ulang lewat tangan-tangan terampil. Terdapat alternatif lain yang bisa membangkitkan gairah sadar lingkungan secara bersamaan, dibalik upaya-upaya itu. Yakni pemanfaatan Bank Sampah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kasi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tuban Supriyadi Suyanto. Salah satu program pengentasan masalah lingkungan, khususnya sampah itu, telah tersebar dan ada di desa-desa Kabupaten Tuban.

"Manfaatkan saja Bank sampah yang ada di masing-masing desa,’’ ujar  Supriyadi Suyanto kepada blokTuban.com, Jumat (21/12/2018).

‎Supriyadi menjelaskan, bank sampah tersebar di desa seluruh Kabupaten Tuban. Jumlahnya mencapai 70 titik tersebut memiliki sejumlah peran dan fungsi tersendiri. Paling utama adalah fungsi kesehatan. Warga masyarakat juga bisa merasakan langsung dampak ‎pengelolaan Bank Sampah, dengan ketentuan sistem pengolahannya.

"Ada yang bisa menambah provit, sistem simpan pinjam juga, bahkan sampai program santunan sosial juga," pungkasnya. [feb/ono].‎