Kekeringan, Desa Ini Sampai Bor Tiga Lokasi Sumber

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Seiring bergulirnya musim kemarau yang memberi dampak signifikan pada sebagian besar wilayah Kabupaten Tuban, yakni terus bertambah daerah kering dan kekurangan air, upaya demi memenuhi kebutuhan air pun terus dilakukan masyarakat.

Serupa dengan wilayah di Kecamatan Grabagan, bahkan suatu desa sampai melakukan pengebor hingga 3 titik untuk menemukan sumber air terbaik. Adalah Desa Ngandong, Kecamatan Grabagan. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Suiswanto selaku Kepala Desa (Kades) setempat.

"Kemarau tahun ini begitu minim air, kita sampai lakukan pengeboran di tiga titik berbeda," terangnya pada blokTuban.com, Selasa (18/9/2018).

Dia juga menjelaskan, tiga titik upaya pengeboran tersebut juga didukung oleh salah satu instansi perguruan tinggi berbasis teknologi terkemuka di Indonesia. Selain itu, warga masyarakat dan pemerintah daerah tak luput dari keikutsertaan mencari sumber air.

Masih kata Suiswanto, salah satu dari proyek pengeboran tadi yang menjadi pengharapan baginya beserta warga setempat adalah sumur grafitasi. Sumber air yang berada di dataran lebih tinggi dari pemukimam warga, bisa mempermudah pembagian air dengan sistem grafitasi.

"Dari Pamsimas sebenarnya juga ada, tapi minim. Sedangkan proyek sumur grafitasi dibor sampai 70 meter juga belum keluar ait. Ya, semoga lekas menukan sumber air terbaik," pungkasnya. [feb/ito]