Lampu Hias Warna-Warni Jadi Tren Semarak Kemerdekaan RI

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - ‎Pernik semarak kemerdekaan Indonesia bertebaran di sepanjang jalan dan lingkungan berbagai wilayah. Tak hanya bendera merah putih, ada pula umbul-umbul, tak ketinggalan lampu hias LED warna-warni juga turut terpampang‎ menambah kesan eksotis ramai penghias lingkungan.

Tren lampu hias terseb‎ut saat ini banyak dijumpai di tempat umum. Hiasan wilayah kota, kecamatan, desa, bahkan lingkungan gang juga banyak memasang atribut lampu itu.

Di Tuban selatan, tepatnya wilayah Kecamatan Soko‎, hiasan tersebut banyak dipakai masyarakat di Desa Mentoro, Pandanagung, Sokosari, dan desa-desa lain. Gebyar hiasan lampu bisa disaksikan sekitar perempatan Pandanagung masuk ke selatan menuju Desa Menilo.

Serupa dan tak kalah meriah dari wilayah tadi, sepanjang jalan pada lingkungan Desa Kendalrejo ‎juga menghias jalan dengan lampu LED. Masyarakat setempat membuat gapura sederhana dari sebilah pohon bambu yang telah dipotong tipis, kemudian barulah lampu-lampu warna dililit, dibentuk dengan model bervariasi. Tak tanggung-tanggung, puluhan bahkan sampai ratusan lengkung lampu LED terpasang di seluruh titik lingkungan.

"Memang tren kemeriahan perayaan tujuh belasan sekarang banyak yang pakai lampu hias. Itu bagus, mereka kompak," ujar Camat Soko, Suwito berpendapat tentang semangat para warga di desa-desa, Rabu (15/8/2018).

Camat juga mengapresiasi inisiatif warga yang secara swadaya gotong royong memeriahkan kemerdekaan dengan aksi positif itu. Semangat persatuan dan rasa Nasionalisme bisa dilihat dari suatu desa yang padu padan.

"Masyarakat desa punya semngat luar biasa, kita salut. Tapi sayangnya malah jalanan poros yang kurang meriah ini," jelasnya. [feb/col]