Tekan Golput, Ada Doorprize Kambing Buat Pemilih di Tlogowaru

Reporter: Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Penyelenggara dan pengawas pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018 di Desa Tlogowaru, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban memiliki inisiatif yang unik. Pasalnya desa sekitar industri Semen Indonesia (SI) ini berupaya menekan angka Golput dengan menyediakan doorprize untuk pemilih pada hari-H pencoblosan, Rabu (27/6/2018).

Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) Tlogowaru, Budi S. menuturkan, pihaknya bersama pengawas pemilu lapangan (PPL) dan perangkat desa untuk meningkatkan partisipasi pemilih perlu adanya stimulan. Sehingga ia menggagas untuk iuran menyediakan hadiah untuk pemilih yang hadir ke tempat pemungutan suara (TPS). 

"Ada hadiah utama empat kambing dan hadiah menarik lainnya yang kita sediakan. Itu dibagi. Sehingga di masing-masing TPS, ada satu hadiah utama dan hiburan," kata Budi kepada wartawan blokTuban.com, Senin (25/6/2018).

Kepala Dusun Tlogowaru ini menjelaskan, hadiah utama empat kambing tersebut didapat dari iuran perangkat desa. Sedangkan hadiah hiburan dari penyelenggara dan pengawas. 

"Dari PPL Rp400 ribu, iurannya per TPS Rp100 ribu. Sedangkan dari PPS sebesar Rp800 ribu, dari iuran per TPS Rp200 ribu. Selain itu, mereka juga menyumbang barang untuk hadiah juga," beber Budi. 

Menurut pria ramah ini, tujuan disiapkan hadiah sebagai penyemangat, supaya warganya aemangat datang ke TPS. Harapannya, Desa Tlogowaru bisa memperoleh suara 100 persen di Pilgub Jatim mendatang. 

"Tlogowaru memang desa pelosok dan desa kecil, namun motto dari Tlogowaru adalah 'Cilik, cilik e lombok. Biar cilik Pedes Rasane' (Kecil, Kecilnya cabai. Biar Kecil Pedas Rasanya)," tegas Budi. 

Dari informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, hadiah tersebut akan diundi ketika akhir pemilihan. Nomor undian sesuai nomor yang tertera pada Daftar Pemilih Tetap (DPT). [rof/col]