KPU Uapayakan Data Akurat Lewat Pemutakhiran DPSHP

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Tuban terus berupaya menghasilkan data pemilih yang akurat dan valid agar tujuan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 yang berkualitas.

Diketahui sebelumnya, dari tanggal 8 hingga 10 April kemarin, PPS melakukan rekapitulasi DPSHP melalui rapat pleno terbuka yang digelar di desa-desa. Kemudian hasil rekap DPSHP tingkat desa akan direkap di tingkat Kecamatan oleh PPK mulai hari ini, 11 hingga 12 April 2018 besok.

"Tahapan pemutakhiran data saat ini sudah pada rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan di tingkat desa untuk persiapan pleno di Kabupaten," ujar Ketua KPUD Tuban, Kasmuri.

Perbaikan di tingkat desa ini, meliputi pemilih tidak menenuhi syarat. Misalnya, meninggal dunia setelah coklit, pemilih baru dan adanya perubahan elemen data. "Sedangkan pleno di tingkat kabupaten dilakukan mulai tanggal 13 - 19 April 2018," imbuhnya panjang lebar.

Setelah pleno rekap DPSHP di tingkat kabupaten, maka akan ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT) yang berisi nama-nama pemilih dalam Pilgub Jatim mendatang. Kandati begitu, apabila dikemudian hari ada pemilih yang belum terdaftar masih dapat menggunakan hak pilihnya yang masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). [rof/ito]