Tingkatkan Pengunjung Perpus dengan Program 'Kofi Dahsat'

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dalam rangka meningkatkan jumlah pengunjung serta minat baca masyarakat di perpustakaan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) meluncurkan program 'Kofi Dahsat'.

Menurut keterangan Kepala UPTD Perpustakaan Kabupaten Tuban, Khusnul Hadi Kusuma, program Kofi Dahsat merupakan perpanjangan dari KO, kenalkan koleksi-koleksi buku kepada masyarakat dengan cara mencetak daftar koleksi buku unggulan dan dibagikan kepada masyarakat dan anak-anak sekolah. FI, yaitu melengkapi semua perpustakaan umum di kecamatan dengan pemasangan Wifi dan masyarakat bisa memanfaatkannya dengan free Wifi di semua perpustakaan umum kecamatan.

Kemudian, DA, artinya Datangi masyarakat atau calon anggota perpustakaan, dengan cara jemput bola. H, artinya dengan bekerjasama Dinas Pendidikan melalui UPTD Dinas Pendidikan di masing-masing kecamatan dan desa untuk menghadirkan anak-anak sekolah mulai Paud, TK, RA, SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA. Dan SAT, yang artinya, saya dan teman-teman pegawai perpustakaan umum kecamatan adalah sebagai team work yang harus bekerjasama dan maju membahagiakan serta bekerja keras untuk menyatukan visi dan misi perpustakaan umum kecamatan.

"Ini merupakan program inovasi dari saya, untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan jumlah anggota perpustakaan yang ada di kecamatan," kata Khusnul Hadi Kusuma saat dikonfirmasi blokTuban.com, Sabtu (6/1/2017).

Lebih lanjut Kepala UPTD yang menaungi sebanyak delapan perpustakaan kecamatan tersebut mengungkapkan, dengan adanya program Kofi Dahsat diharapkan anggota perpustakaan mengalami peningkatan.

"Dengan adanya program Kofi Dahsat ini selama 2017 pengunjung perpustakaan di Rengel, Jatirogo, Kenduruan, Kerek, Jenu, Widang, Palang dan Tambakboyo bisa meningkat," pungkasnya. [hud/rom]