Pusat Gempa di Air Terjun Bongok Montong?

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Gempa dengan skala kecil dirasakan warga di Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro, Kamis (19/10/2017), diperkirakan berada di sekitar air terjun lembah Bongok, Desa Jetak, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

"Perkembangan terakhir, episentrum gempa itu terjadi di sekitar air terjun Bongok," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Joko Ludiyono.

[Baca juga: Kekuatan 3.8 SR, Gempa di Kedalaman 9 Km ]

Joko menjelaskan saat ini BPBD Tuban meluncurkan tim ke air terjun Bongok, untuk melakukan pengecekan. Karena selain di tempat ini, juga muncul informasi pusat gempa juga di wilayah Kabupaten Bojonegoro.

"Sampai sekarang belum ada peringatan kembali, semoga aman," kata Joko.

Sesuai dengan rilis BMKG menyebutkan, jika gempa tercatat 15 Km Timur Laut Bojonegoro dan sekitarnya. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi yang terjadi berkekuatan M = 3.8 Skala Richter itu berpusat di darat, 15 km arah Timur Laut Bojonegoro pada koordinat 7.02 LS,111.93 BT kedalaman 9 km.

Ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa, penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktifitas Sesar Rembang. Getaran gempa bumi diperkirakan dirasakan pada skala II SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara II – III MMI di Tuban, dan daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa. Pada skala ini digambarkan getaran lemah dan dirasakan olklieh beberapa orang. [pur/ito]