Tumpeng 17 Agustus 45 di Masjid Becok

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Seperti warga desa lain, warga Dusun Becok, Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, juga melakukan peringatan malam menjelang Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945 silam.

Meski terkesan sederhana cara mereka melewati malam tirakatan tergolong unik, yakni dengan menyiapkan sajian 17 Agustus 1945.

Disebut demikian, karena yang disediakan adalah 17 nasi tumpeng sebagai simbol tanggal Proklamasi, 8 jenis bubur siap santap sebagai simbol bulan Agustus, dan juga 45 jenis bumbu sebagai simbol tahun proklamasi yakni 1945.

"Ini merupakan cara kami mensyukuri nikmat kemerdekaan yang diperjuangkan para pendahulu kita," kata Kadus Becok, Ektiyas, Rabu (16/8/2017) malam.

Semua sajian itu dibuat warga dengan cara gotong royong. Setelah itu disajikan dibawa ke Masjid Nurul Huda Becok dan dilakukan doa bersama sebelum disantap.

"Kami berdoa agar persatuan dan kesatuan Indonesia selalu terjaga, dan amal perjuangan para kusuma bangsa mendapat tempat yang layak di sisiNya," kata Ektiyas. [pur/col]