Mahasiswa Unirow Gelar Seminar Kesehatan Sistem Reproduksi

KKN Unirow, Gelar Seminar Kese

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unirow Tuban di Desa Borehbangle, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban menggelar Seminar Kesehatan Tentang Sistem Reproduksi Remaja dan Penyalahgunaan Narkoba, Selasa (15/8/2017).

Seminar yang digelar di balai desa setempat tersebut, KKN Unirow mengundang pemateri dari Stikes NU Tuban yakni Akhmat Winarto S. Kep.

Akhmat Winarto memaparkan, minimnya akses informasi mengenai kesehatan reproduksi dan pemahaman tentang narkoba, pada remaja, mempengaruhi peningkatan angka kejadian kekerasan pada remaja. Terlebih lagi, perilaku seksual bebas berisiko di usia remaja cukuplah tinggi. Persoalan ini tentu saja tidak bisa diabaikan.

“Seminar pada hari ini, membahas tentang sistem reproduksi remaja dan penyalahgunaan Narkoba”, ujar Winarto, pada kegiatan seminar yang diselenggarakan oleh Tim KKN Unirow.

Ia menjelaskan berbagai hal terkini seputar pernikahan dini, pemaksaan kelahiran (aborsi), dan akses remaja terhadap informasi, konseling, dan pelayanan kesehatan reproduksi.

"Untuk menanggulangi itu minimal harus digiatkan sosialisasi, penyuluhan, diskusi, atau seminar seperti yang dilakukan oleh temen temen KKN Unirow ini,” tambah Winarto

Sementara itu, Mahfud Hariadi, Ketua KKN Desa Borehbangle berpendapat jika remaja, khususnya untuk masalah kesehatan reproduksi tidak dikawal, maka akan menimbulkan permasalahan yang serius.

“Apabila tidak dikawal maka akan timbul perilaku buruk dari remaja seperti kriminalitas, seks bebas, pengangguran di usia produktif dan lain-lain,” kata Mahfud.

Diharapkan dalam seminar kali ini akan mengurangi tindakan yang tidak senonoh yang dilakukan oleh para remaja, sehingga mengurangi dampak kriminalitas pada remaja indonesia terkhusus di daerah Tuban. [hud/col]