5 Sekolah ini UNBK Gabung ke Sekolah Lain

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Tidak semua sekolah di Kabupaten Tuban mampu melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mandiri. Dari 67 lembaga pendidikan yang melaksanakan UNBK, 5 lembaga diantaranya melaksanakan UNBK dengan bergabung ke sekolah lain.

Beberapa sekolah tingkat SMA sederajat diantaranya SMA Mualimin Tuban bergabung dengan SMAN 3 Tuban, SMA Islamiyah Senori bergabung dengan SMAN Singgahan, SMA Insan Kamil Bancar bergabung dengan SMAN Bancar, SMA Thorikul Huda Soko gabung dengan SMAN Rengel dan SMA Terpadu Al Islah Soko bergabung dengan SMAN Soko.

"Terdapat 9.087 jumlah peserta dari total 67 lembaga yang melaksanakan UNBK," kata Bendahara Dewan Pendidikan, Ratna Handayani saat monitoring dan evaluasi pelaksanaan UNBK, Senin (10/4/2017).

Diketahui, sekitar 10.950 pelajar tingkat SMA sederajat di Tuban melaksanakan Ujian Nasional (UN). Sekitar 9.087 peserta ujian diantaranya mengikuti UNBK.

Sementara itu, Kepala Sekolah MAN Tuban, Agung H yang kali ini turut melaksanakan UNBK mengaku membutuhkan persiapan matang sebelum pelaksanaan ujian. Sebab, selain fasilitas yang terkadang tidak memadai, bisa jadi kemampuan peserta didik tidak cukup mumpuni jika kurang penerapan.

"Siswa kami bahkan membutuhkan latihan ujian menggunakan komputer hingga 7 kali. Jangan sampai gagap teknologi dan saat ujian justru kesulitan menggunakan komputer," kata Agung. [dwi/rom]