Total, Di Tuban ada 10.950 Siswa SMA/MA Ikut UN

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Hari ini, Senin (10/4/2017) sekitar 10.950 pelajar tingkat SMA/MA di Tuban melaksanakan Ujian Nasional (UN).

Pelaksanaan ujian kali ini dibedakan menjadi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP). UNBK sendiri memanfaatkan piranti komputer sebagai media siswa mengikuti ujian. Terdapat 9.087 peserta ujian yang mengikuti UNBK, sisanya melaksanakan ujian dengan UNKP.

Salah satu sekolah yang melaksanakan UNBK, MAN Tuban menyediakan sedikitnya tiga ruangan untk pelaksanaan ujian yang digunakan tiga sesi. Tiap-tiap sesi pelaksanaan ujian disediakan waktu sekitar 120 menit.

"Ada 335 siswa-siswi MAN Tuban yang ikut melaksanakan UNBK. Kami menyediakan 122 perangkat komputer beserta cadangan di tiap ruang," kata Kepala MAN Tuban, Agung H.

Sementara itu, Bendahara Dewan Pendidikan yang turut menjadi tim monitoring dan evaluasi pelaksanaan UN kali ini, Ratna Handayani mengatakan, tidak ada kendala salama ujian berlangsung. "Ada 105 lembaga pendidikan yang melaksanakan ujian hari ini," katanya.

Untuk mengantisipasi masalah teknis soal ketersediaan listrik, tiap sekolah yang melaksanakan UNBK telah menyediakan genset. [dwi/rom]