UN, Pelajar Tingkat Akhir MA Ash-Shomadiyah Sungkeman

Reporter: Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat MA/ SMA Senin (10/4/2017) mendatang, sedikitnya 43 pelajar MA Ash-Shomadiyah menyelenggarakan sungkem dengan wali kelas dan wali murid, Jumat (7/4/2017).
 
Agenda serupa diketahui dilaksanakan setiap tahun menjelang ujian. Kepala Sekolah MA Ash-Shomadiyah, Riza Shalehudin Habibi dalam agenda yang digelar halaman sekolah ini,  mengatakan, tujuannya untuk membangun pendidikan karakter, yang tidak melulu soal akademis semata. 
 
"Dengan sungkeman ini sebagai tindakan menjaga tindak tanduk dalam lembaga pendidikan yang juga konsen untuk selalu berbakti pada orang tua," ungkap Riza. 
 
Laki-laki yang juga sekaligus pengasuh Pondok Ash-Shomadiyah ini menambahkan, dalam pendidikan bukan kuantitas atau jumlah siswa yang dikedepankan. Namun lebih pada kualitas atau jumlah siswa yang dikedepankan. Namun, lebih pada kualitas atau jumlah pelajar yang masuk lolos dan masuk PTN. 
 
Sementara itu, Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad mengungkapkan setiap kali ujian akan berlangsung kerap menjadi 
menjadi momok menakutkan. Namun bukan berarti hal tersebut harus dikhawatirkan, melainkan ujian menjadi jembatan yang harus dilalui untuk naik pada tingkat berikutnya. 
 
"Dalam menghadapi ujian harus percaya pada diri sendiri. Mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan belajar giat," ujarnya di hadapan segenap pelajar tingkat akhir MA Ash-Shomadiyah. 
 
Ia mengingatkan, jangan sampai pelajar yang telah menyiapkan diri jangan malah percaya dengan membeli kunci jawaban dari siapapun mereka. Sebab, selain perilaku yang tidak dibenarkan kunci jawaban tersebut bisa jadi palsu yang justru menyebabkan nilai ujian hancur. [dwi/col]