Sudah Ada Jaminan, UNBK di Tuban Optimis Lancar

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA/MA tahun 2017 digelar secara serentak pagi ini, Senin (10/4/2017). Sementara itu, salah satu pengawas SMA Kabupaten Tuban menyatakan, pelaksanaan UNBK di sejumlah sekolah di Kabupaten Tuban sudah siap.

Saat ditemui blokTuban.com, pengawas SMA di Sub Rayon 05, Sunarno mengatakan, pihaknya aktif memantau sekolah sejak simulasi hingga pelaksanaan hari ini. Menurutnya, sarana dan prasarana, tenaga ahli, jaringan dan sistem semua mendapat pengawasan ketat.

"Sejak simulasi sudah dipantau, apalagi juga sudah ada jaminan jaringan PLN maupun internet, jadi UNBK optimis lancar," ujar Sunarno.

Ditambahkan Sunarno, kendati demikian pihaknya juga tetap menyarankan kepada setiap sekolah untuk menyiapkan sumber listrik cadangan. Sebab, jika ada gangguan yang tidak bisa teratasi UNBK masih tetap berjalan.

"Belajar pengalaman dari simulasi kemarin ada hambatan listrik, namun semua sudah ditangani," tandasnya.

Sementara salah satu kepala sekolah SMA di Kabupaten Tuban saat dikonfirmasi blokTuban.com menuturkan, persiapan pelaksanaan sejak Jum'at kemarin sudah dimaksimalkan. Mulai dari proktor teknisi sudah mengecek jaringan komputer satu per satu.

"Sudah kita sinkronkan sejak Jum'at, harapannya semua lancar UNBK serentak yang pertama ini," tutur kepala sekolah SMA Negeri 1 Jatirogo, Darusman, Senin (10/4/2017).

Ditegaskan dia, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan pada pelaksanaan UNBK SMA, maka pihaknya meminta agar petugas IT sekolah agar siaga selama pelaksanaan. Kemudian listrik dari PLN juga ada jaminan, dan teknisi sudah stand-by.

"Semua instalsi dalam keadaan on. Kita juga berusaha meyakinkan siswa, menguatkan, membangun optimisme untuk menghadapi ujian," pungkasnya. [rof/rom]