Operasi Bina Kusuma, Polsek Tuban 'Garuk' 16 Preman

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Operasi Bina Kusuma SEMERU 2017 turut digelar di wilayah Tuban sejak beberapa hari lalu. Polsek Tuban bersama Dinas Perhubungan melakukan razia premanisme dan berhasil menggaruk sedikitnya 16 orang.

Kapolsek Tuban, AKP Supar menjelaskan, operasi tersebut bertujuan menciptakan situasi Kamtibmas. Razia premanisme dilakukan dengan sistem menyisir jalan utama dalam kota. Beberapa titik yang dituju utamanya yang digunakan mangkal para preman dalam melakukan aksinya.

"Selama kegiatan itu Polsek Tuban dapat menjaring sebanyak 7 preman yang terbukti melakukan tindakan premanisme sebagai juru parkir liar di tepi jalan depan pertokoan atau pusat perbelanjaan," kata Supar, Jumat (7/4/2017).

Lebih lanjut, ia menambahkan, seminggu yang lalu Polsek Tuban telah menjaring pelaku premanisme sebanyak 9 orang. Sehingga total Polsek Tuban dalam sepekan sudah menjaring 16 preman," paparnya.

Kini 16 preman tersebut ditangani Unit Sabhara untuk melakukan proses hukum Tipiring ke Pengadilan Negeri Tuban. Serta dalam persidangan semua pelaku divonis oleh Hakim terbukti bersalah.

"Akhirnya mereka diganjar hukuman sesuai pelanggaran yang dilakukan oleh para preman yang terjaring, bahkan ada yang divonis denda Rp200.000," tandasnya. [dwi/rom]