Tanggul Bengawan di Desa Tambakrejo Mulai Dikerjakan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Proyek pembangunan tanggul bengawan solo yang melewati Desa Tambakrejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban yang nota energi wilayah hulu bengawan di kawasan setempat akan dimulai tahun ini.

Sebagaimana diketahui, proyek multiyear tersebut memiliki panjang 25 kilometer dari pinggir sungai di perbatasan Bojonegoro hingga Tuban. Tanggul dibangun melewati dua kecamatan dan 11 desa, yaitu tanggul kiri Bengawan Solo yang akan dibangun di Kecamatan Soko melewati Desa Menilo, Simo, Kendalrejo, Glagahsari, Kenongosari, dan Desa Pandanagung. Sementara tanggul kiri itu juga akan melewati Desa Sumberrejo, Tambakrejo, Kanorrejo, Karangtinoto, dan Ngadirejo

Sejak dua tahun lalu pengerjaan pembangunan tanggul dimulai dari hilir, yakni Desa Sumberejo, Kecamatan Rengel agaknya belum menyelesaikan masalah banjir. Sebab saat banjir datang tanggul yang sebagian selesai dibangun di bagian hilir sungai justru menghambat surutnya air.

"Kami lantas mengadakan musyawarah dengan tokoh masyarakat yang diajukan 2016 dan direalisasikan tahun ini," kata Kepala Desa Tambakrejo, Kaselan, Rabu (5/4/2017).

Total panjang tanggul yang melewati Desa Tambakrejo mencapai 6,5 kilometer. Sedangkan jatah pengerjaan tahun ini untuk panjang plengsengan sekitar 100 hingga 120 meter.

"Untuk tanggul tanah mencapai 600 meter," tambahnya.[dwi/ito]