10 Desa di Montong Tidak Punya Sekdes?

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - 10 desa dari 13 desa di Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban saat ini tidak mempunyai Sekretaris Desa atau yang biasa disebut Carek. Tak pelak posisi yang sangat penting di desa tersebut harus digantikan oleh perangkat yang lain.

Hal itu seperti diungkapkan oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Montong, Deni Susilo Hartono. Menurutnya, posisi Sekdes dalam pemerintahan desa sangatlah penting, otomatis apabila desa tidak mempunyai Sekdes, pelayanan desa pasti terganggu.

Namun kendala dari 10 desa di Kecamatan Montong yang tidak mempunyai sekdes tersebut telah diatasi oleh perangkat desa yang lain, yang ditugaskan oleh kepala desa untuk menjalankan tugas sekdes.

"Berhubung posisi kosong, tugas yang seharusnya dijalankan oleh sekdes digantikan oleh perangkat lain yang dianggap mampu oleh Kades," ungkap Sekcam Montong, Deni Susilo Hartono kepada blokTuban.com, Selasa (4/4/2017).

Ia menambahkan, saat ini tiga desa yang memiliki sekdes adalah Desa Jetak, Talangkembar dan Sumurgung. Sedangkan untuk pengisian jabatan sekdes yang kosong, masih menunggu perda dan perbup yang mengatur kaitannya dengan pengisian sekdes baru.

"Kami masih menunggu perda dan perbup yang mengatur pengisian jabatan sekdes," kata Deni. [hud/rom]