Reporter: Dwi Rahayu
 
blokTuban.com - Distribusi blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP Elektronik) atau e-KTP untuk Kabupaten Tuban masih tersendat.  Akibatnya, sekitar 26.000 warga yang telah melakukan perekaman data diri untuk e-KTP belum memiliki secara fisik kartu identitas tersebut.
 
 "Sebab blanko e-KTP dari pusat belum didistribusikan ke daerah," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, (Dukcapil) Kabupaten Tuban, Joni Martoyo.
 
Joni mengaku, pihaknya sendiri belum mengetahui kapan blanko itu akan dikirim dari pusat. Di samping itu,  belum ada informasi apapun soal belum dikirimya blangko untuk cetak KTP elektronik tersebut.
 
"Keterlambatan blangko dari pusat ini terjadi hampir menyeluruh di seluruh kabupaten dan kota di Jawa Timur, sehingga daerah hanya dapat melakukan proses perekaman dan belum dapat mencetak," ujar Joni.
 
Sementara ini, penduduk Tuban yang sudah melakukan rekaman namu blum memiliki e-KTP akan diberikan kartu penduduk sementara atau surat keterangan penduduk sebagai pengganti e-KTP.
 
“Harapannya segera dikirim, agar masyaralat Tuban yang sudah rekam memiliki e-KTP,” katanya. [dwi/col]