Pemerintah Apresiasi Polres Tuban Kembangkan Aplikasi SIBI

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Kepolisian Resort Tuban melalui aplikasi berbasis android Sistim Informasi Bumi Wali (SIBI) menerima penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).

Penghargaan yang diterima tersebut, merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Pusat terhadap personil polisi berprestasi. SIBI dinilai dapat memangkas birokrasi dalam hal pelayanan publik dalam ranah kepolisian.

“Penghargaan tersebut ditujukan bagi anggota polri yang melaksanakan inovasi dan berkomitmen memberikan pelayanan lebih mudah,” ungkap Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad.

Diketahui, bersamaan pemerintah memberikan penghargaan kepada 16 Inovator Pelayanan Publik di lingkungan Kepolisian Republik Indonesia (POLRI). Dari ke-16 inovator tersebut, salah satu di antaranya adalah Polres Tuban yang berhasil meraih penghargaan dengan inovasi SIBI.

Fadly menambahkan, setidaknya ada tujuh Kapolres di Jawa Timur yang mendapatkan penghargaan sebagai Inovator Pelayanan Publik di Lingkungan Polri.

“Tujuh Kapolres yang mendapatkan penghargaan diantaranya adalah, Tuban, Bojonegoro, Lamongan, Mojokerto, Sidoarjo, Rembang dan Malang Kota,” tutup Fadly

Peluncuran aplikasi pengaduan masyarakat berbasis android yang dinamai SIBI secara resmi diluncurkan oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Polisi Tito Karnavian, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) di Mapolres Sidoarjo pada bulan September 2016.