Kenalkan Desa Wisata, Kelompok Seni Gelar Kegiatan di Nglirip

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Tuban, Air Terjun Nglirip masih sangat jauh dari kata memadai. Apalagi jika disandingkan dengan objek-objek wisata lain yang menjadi kompetitornya.

Banyak sekali potensi dari alam Nglirip yang masih belum digali mulai dari spot-spot hacking yang menarik, bendungan yang luas, juga anakan sungai yang cukup panjang dan jernih. Belum lagi ditambah dengan lokasi wisata religi yang terletak di area sekitarnya.

"Nglirip masih banyak menyimpan kearifan-kearifan lokal yang belum tergali, untuk itu memerlukan sentuhan infrastruktur dan tata kelola yang baik," ujar Ketua Kelompok seni Rumah Persinggahan (RP), M. Nahrus Sodiq kepada blokTuban.com, Minggu (19/2/2017).

Alumnus Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya itu menjelaskan, dengan adanya kegiatan peduli lingkungan dan kesenian desa wisata Nglirip siang ini, Minggu (19/2/2017) yang dilakukan PR bersama kelompok seni di Bumi Wali, ingin mengkampanyekan desa wisata Nglirip.

Tujuannya, bergerak memberi motivasi kepada masyarakat untuk mengoptimalkan potensi sumber daya alam (SDA) yang ada di Nglirip menjadi layak untuk dijadikan lokasi destinasi wisata.

"Adanya kegiatan bersama para seniman, kita berusaha memunculkan kearifan lokal melalui kesenian," tukas Nahrus.

Dikatakan Nahrus, agenda yang bertajuk kampanye lingkungan dengan kesenian dan kearifan lokal sebagi media pengantar kegiatan itu melibatkan lebih dari 40 pelaku seni dari unsur yang berbeda. Selain itu juga diikuti beberapa lembaga pendidikan yang ada di Kabupaten Tuban yakni, SMPN 1 Singgahan, SMAN 1 Singgahan, SMKN 1 Singgahan, dan SMAN 1 Singgahan Senori.[rof/col]