Musim Panen, Pengajuan Peminjaman Pegadaian Menurun

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kantor Unit Cabang (UPC) Pegadaian Bangilan yang melayani konsumen di pinggiran kota Tuban pada bulan kedua di 2017, klaim ada pengurangan nasabah untuk melakukan pinjaman. Hal itu disebabkan adanya musim panen di kalangan petani.

Kepala UPC Bangilan, Rahmad Basuki ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Senin (13/2/2017) mengaku memasuki musim panen jumlah nasabah yang melakukan pinjaman justru semakin menurun. Sebab mereka banyak yang melakukan penebusan agunan.

"Nasabah yang mengajukan pinjaman menurun, khususnya petani. Sebab, saat ini memasuki musim panen dan penebusan pinjaman justru semakin meningkat," terangnya.

Dijelaskan Rahmad, sapaan karibnya, ketika musim panen banyak masyarakat yang melakukan penebusan, pasalnya mereka mengaku ada pendapatan yang meningkat dari hasil panen. Mereka akan kembali mengajukan pinjaman ketika memasuki musim tanam.

"Ketika panen hampir boleh dikatakan terjadi penurunan permintaan peminjaman, namun untuk penebusan pinjaman meningkat. Permintaan peminjaman diprediksi kembali naik memasuki awal tanam," pungkasnya.[rof/ito]