Pembentukan BUMDes Harus Menyerap Tenaga Kerja Desa

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban terus mendorong Pemerintah Desa (Pemdes) dalam mensukseskan pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Melalui jajaran Pemerintah Kecamatan, di tahun 2017 setiap desa diminta mengembangkan usaha masyarakat yang sudah ada untuk bermitra dengan BUMDes.

Untuk itu, Kasi PMD Kecamatan Bangilan, Bambang Kartiko mengatakan desa diminta segera melakukan pemetaan potensi yang ada. Tujuannya agar BUMDes nanti bisa mendorong atau menampung seluruh kegiatan peningkatan pendapatan masyarakat, baik yang sudah berkembang maupun kegiatan ekonomi yang baru.

"Desa harus melangkah cepat, setelah adanya sosialisasi kami berharap segera melakukan musyawarah desa untuk menyusun langkah pembuatan BUMDes," kata mantan Kasi PMD Kecamatan Kenduruan itu beberapa waktu lalu.

Sebagai sebuah usaha desa, juga diharapkan pembentukan BUMDes benar-benar memaksimalkan potensi ekonomi baik di bidang sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Secara spesifik pembentukan BUMDes untuk menyerap tenaga kerja desa dan meningkatkan kreatifitas serta menciptakan peluang ekonomi produktif.

"Pihak desa kita dorong untuk mewujudkan BUMDes dengan memanfaatkan dana desa yang langsung ditransfer dari pemerintah pusat ke masing-masing desa," tandasnya.

Sementara Pendamping Desa Kabupaten Tuban, Mukrimun ketika dikonfirmasi blokTuban.com mengungkapkan sebagai Pendamping P3MD pihaknya akan mengawal hingga tuntas. Tujuannya agar desa mandiri dan masyarakatnya sejahtera.

"Sesuai tugas pokok dan fungsi, kita akan terus dampingi agar BUMDes benar-benar terwujud dan masyarakat sejahtera," Mukrimun menandaskan.

Ditambahkan Mukrimun, setiap BUMDes nanti akan diberikan modal Rp50 juta yang diambil dari dana desa. Masyarakat dituntut bisa mengembangkan sesuai peraturan desa yang disahkan bersama.[rof/ito]