Pastikan Serapan Anggaran, Bupati Evaluasi OPD Berkala

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, dalam hal ini Bupati Tuban, Fathul Huda berharap penyerapan anggaran sesuai peruntukkan. Agar penyerapan anggaran nantinya dapat berkesinambungan maka akan dilakukan evaluasi secara berkala.

"Evaluasi kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) setiap tiga bulan," kata Fathul Huda.

Evaluasi dilakukan guna memenuhi capaian target indikator kinerja beserta penyerapan anggaran yang melekat pada masing-masing OPD. Sebab, target indikator kinerja perangkat daerah yang menjadi tanggung jawab pejabat eselon II agar dijabarkan dalam bentuk program dan kegiatan.

"Setiap pogram harus memiliki indikator program, sedangkan kegiatan memiliki indikator kegiatan atau yang lebih dikenal dengan output kegiatan,” ujar orang nomor satu di Tuban tersebut.

Sebab, seperti diketahui indikator program menjadi tanggungjawab pejabat eselon III. Sementara, untuk pencapaian indikator kegiatan atau output mejadi tanggungjawab pejabat eselon IV.

“Selanjutnya kepala OPD dapat menindaklanjuti dengan perjanjian kinerja antara kepala OPD dengan para pejabat struktural eselon III. Dengan perjanjian antara pejabat eselon III dengan pejabat eselon IV dan seterusnya sampai tingkat staf,” tuturnya.

Untuk menunjang pelaksanaan evaluasi tiap tiga bulan harus disusun roadmap pencapaian target kinerja tahun 2017 oleh masing-masing OPD. Roadmap itu sebagai panduan rencana kerja dalam pencapaian target kinerja mulai awal tahun hingga akhir tahun anggaran.[dwi/col]