Masuk Puncak Musim Penghujan, Dua Desa di Parengan Tergenang

Reporter: Dwi Rahayu

bkokTuban.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban memprediksi, puncak musim hujan akan terjadi pada dua bulan pertama 2017. Akibatnya, dua desa di Kecamatan Parengan turut tergenang air.

"Puncak hujan diperkirakan terjadi bulan Januari hingga Februari," kata Kepala BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono, Sabtu (21/1/2017).

Joko menambahkan, saat ini laporan yang ia terima, dua desa di Kecamatan Parengan yang tergenang air akibat banjir kiriman dari Kecamatan Jatirogo. "Dua desa yang tergenang air yakni Desa Margorejo dan Brangkal di wilayah Kecamatan Parengan," katanya.

Hujan yang juga terjadi di daerah atas, yakni Kecamatan Jatirogo membawa air ke bagian dataran rendah utamanya Kecamatan Parengan. Air yang mengalir menuju kali kening dan bermuara ke Bengawan Solo tak mampu menampungnya.

Seperti diketahui, intensitas hujan sedang belakangan ini terjadi di Kabupaten Tuban. Sementara pada beberapa anak sungai Bengawan Solo kerap tidak dapat menampung debit air, akibatnya sejumlah wilayah tergenang ataupun terjadi banjir bandang. [dwi/rom]