Capai Rp 1,2 Miliar, Tempat Rekreasi Dominasi PAD Bidang Wisata

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Bidang Pariwisata atau tempat rekreasi pada Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) masih mendominasi dalam menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban pada 2016 ini. Pasalnya sebelum Desember berakhir, sekitar Rp1,2 Miliar masuk dalam pemasukan daerah.

Retribusi yang dipatok Pemkab Tuban pada tempat rekreasi pada 2016 ini mencapai kurang lebih Rp1 miliar. Namun, pada awal Desember ini penerimaan yang terbuktikan melampaui target.

"Awal Desember 2016 sudah 113 persen," ujar Endang Trimedya selaku Sekretaris Disperpar yang kini menjadi Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga pada 2017 nanti dan bagian sekretaris dijabat oleh Endro Budi Sulistyo.

Mei sapaan karibnya, menambahkan sejauh ini target secara keseluruhan bidang pariwisata masih menjadi top poin dalam urusan PAD. Terlebih pada musim libur panjang menjelang pergantian tahun peningkatan retribusi dapat terjadi.

"Kalau hanya 100 persen saya belum puas, harus bisa lebih dari target," katanya kepada blokTuban.com.

Beberapa tpat wisata yang menjadi sumber pemasukan daerah sejauh ini ada lima objek. Kelima objek wisata tersebut yakni Goa Akbar, Pemandian Bektiharjo, Pantai Boom, Taman Wisata Terminal dan Pemandian Perataan/ sowan.[dwi/ito]