Akhir Tahun, Pemdes Kedungjambangan Gelontorkan DOLdes 80 Juta

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kabar gembira menyelimuti beberapa lembaga desa di Kedungjambangan. Pasalnya hari ini, Sabtu (24/12/2016) Pemerintah desa (Pemdes) setempat menyerahkan alokasi Dana Operasional Lembaga Desa (DOLdes) tahun anggaran 2016.

Penyerahan dana operasional lembaga desa tersebut diserahkan langsung kepada perwakilan RT, RW, BPD, LPMD, Karang Taruna, PKK, Posyandu, dan Pokjakin di balai desa setempat. Diketahui, dana tersebut diambil dari Dana Alokasi Desa (ADD) tahap akhir 2016.

"Sesuai aturan yang ada, setiap tahun pemerintah desa wajib menganggarkan dana operasional untuk masing-masing lembaga yang ada," jelas Kepala Desa Kedungjambangan, Maftuh.

Kepala Desa dua periode itu kepada blokTuban.com mengaku, dana tersebut diberikan sebagai biaya operasional masing-masing lembaga dalam satu tahun. Dengan adanya dana operasional lembaga, ia berharap masing-masing anggota agar lebih baik dalam menjalankan roda organisasi.

"Kami juga meminta maaf, mestinya pihak desa membayarkan lebih awal, namun baru bisa diberikan akhir tahun," ujar Maftuh di balai desa setempat.

Masih Maftuh, besaran alokasi dana operasional lembaga tahun ini sebesar Rp80 juta. Penyerapan dana ADD tersebut sesuai yang telah diatur dalam APBDes Kedungjambangan di tahun 2016.

"Besarannya sama dengan tahun sebelumnya, tidak ada peningkatan," pungkas Maftuh. [rof/rom]