Kali Kedua, Kecamatan Parengan Juara 1 Lomba KB

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Kecamatan Parengan mendapat penghargaan sebagai juara 1 Pelaksana Keluarga Berencana (KB) terbaik di Kabupaten Tuban. Kecamatan itu meraih juara 1 untuk kedua kalinya, karena di tahun 2015 sebelumnya juga meraih penghargaan yang sama dari Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tuban.

"Ini merupakan tahun kedua Kecamatan Parengan mendapatkan juara 1," jelas Camat Parengan, Didik Purwanto, kepada blokTuban.com, Senin (19/12/2016).

Penghargaan diberikan karena kecamatan ini bisa menekan laju pertumbuhan penduduk. Yang lebih penting bisa menekan tingkat kematian bayi sampai 0 persen. Selain itu, apsektor KB di Parengan merupakan terbanyak di Kabupaten Tuban.

"Banyak sekali kriteria penilaiannya, yang lebih mengerti dari Bappemas dan KB Tuban," jelas Didik.

Pelaksanaan KB di Parengan diakui Didik melibatkan banyak pihak. Pertama didahului dengan program kelompok kerja IV dengan arahan kecamatan dan Ketua Tim PKK, Maria Ulfa, yang tak lain adalah istri dari Camat Parengan. Ketika pelaksanaan mereka selalu koordinasi dengan UPTD Bapppemas KB Parengan melalui jaringan yang ada, Posyandu, Kelompok Kerja PKK di desa dengan bantuan istri para perangkat desa, dan juga tokoh wanita dari beberapa Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) keagamaan seperti Muslimat dan Fatayat NU.

"Kita melibatkan banyak pihak dan dibantu dari berbagai elemen masyarakat di Parengan," tandasnya. [pur/rom]