BPD Sandingrowo: Harus Kedepankan Prinsip Demokrasi

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Calon Kepala Desa (Cakades) yang telah menerima nomor urut dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Desember mendatang, diharapkan bisa berjalan dengan aman dan lancar. Karena itu, Ketua BPD Sandingrowo berharap, setiap Cakades harus mengedepankan prinsip demokrasi.

"Semua Cakades harus bertekad untuk melewati tahapan demi tahapan dengan mengedepankan prinsip demokrasi yang jujur, adil, rahasia, langsung dan bertanggungjawab," kata Ketua BPD Sandingrowo, Prihananto.

Selain itu, kepada blokTuban.com ia menuturkan, jangan sampai keempat calon Kades ini melakkukan hal-hal yang hanya akan menjadikan permasalahan di kemudian hari. Ia berharap tiap calon mampu berusaha memahami tata tertib pemilihan yang sudah disusun oleh panitia pemilihan.

"Untuk kemudian dijadikan pedoman dalam setiap langkah sampai dengan saat pemungutan suara nanti, yaitu tangggal 8 Desember 2016 mendatang," terangnya.

Prihananto menambahkan, kunci penting ada pada warga masyarakat Desa Sandingrowo, agar memiliki pemahaman bahwa memilih Kepala Desa bukan hanya kepentingan bagi keempat calon ini. Tapi juga merupakan kebutuhan warga masyarakat.

"Marilah semua warga menggunakan hak pilihnya dengan mendatangi TPS yang disediakan pantia nanti, jangan sampai tidak datang ke tempat pemungutan suara, hanya gara-gara tidak ada uang ganti atau uang 'sangu'," kata pria yang juga berkecimpung dalam dunia pendidikan tersebut.

Diakuinya, memang panitia pemilihan tidak akan menarik sepeser rupiah pun dari keempat calon Kades, termasuk uang lelah yang biasanya digunakan untuk pesangon warga yang telah menggunakan hak pilihnya.
Sebab, sumber pendanaan Pilkades Sandingrowo hanya berasal dari APBD Kabupaten dan APBDesa Sandingrowo. Pilkades Sandingrowo tidak memberlakukan uang pendaftaran kepada bakal calon alias Nol Rupiah. [dwi/rom]