Desa Wotsogo Tetapkan Cakades Besok

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Desa Wotsogo, Jatirogo tunda satu hari Penetapan Calon Kepala Desa (Cakades) pada pemilihan Kepala Desa serentak 2016 Kabupaten Tuban. Di desa yang memiliki lima bakal calon (Balon) kepala desa (kades) akan dilakukan besok, Jum'at (4/11/2016).

Sekretaris panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Wotsogo, Herwin Sugiharto mengatakan, pihaknya sudah melakukan rapat internal panitia dengan menyepakati penetapan nama calon dan nomor urut pada hari Jum'at (4/11/2016) pukul 13.00 WIB.

"Sudah kita rapatkan dan sepakat mundur pada hari Jum'at," ujar Herwin Sugiharto kepada blokTuban.com di balaidesa Wotsogo, Kamis (3/11/2016).

Alasan dipilihnya pada hari Jum'at, kata pria yang akrab disapa Herwin menjelaskan, jadwal terlalu mepet, lantaran adanya tes kompetensi Jumat (28/10/2016) untuk pengurangan kuota balon.

Perlu diketahui, di Desa Wotsogo pada panggung demokrasi tingkat desa tahun ini memiliki 6 balon yang melamar. Padahal, sesuai peraturan yang ada kouta maksimal 5. Maka, panitia pilkades mengadakan tes kompetensi untuk menjaring 5 balon.

"Kita juga sudah komunikasikan kepada BPD terkait hal ini," Herwin menandaskan.

Diberitakan Sebelumnya, saat ini, semua berkas bakal calon kepala desa telah usai tahapan verifikasi untuk ditetapkan sebagai calon kepala desa. Penetapan calon peserta Pilkades akan dilakukan tanggal 3-7/11/2016. Penetapan tersebut dilakukan di 36 desa yang menyelenggarakan Pilkades.

"Waktu penetapan calon kepala desa dan nomor urut adalah berdasarkan jadwal yang sudah ditetapkan, yakni tanggal 3-7 November besuk," pungkasnya.[rof/ito]