Dikeluhkan Warga, Gorong-gorong Sumur Tapen 03 dibongkar

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blolTuban.com - Sempitnya gorong-gorong yang dikeluhkan warga Sidoharjo, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban akhirnya dibongkar. Jalur air yang ada di pintu masuk sumur Tapen 03 itu kini mulai dikerjakan untuk diganti dengan dimensi yang lebih lebar.

Mandor pekerja, Pak Pur yang ditemui blokTuban, Rabu (2/11/2016) di depan sumur milik PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu itu mengatakan, untuk mengantisipasi banjir susulan yang menggenangi jalan poros desa itu, pihak PT Pertamina EP membongkar dan membangun ulang gorong-gorong tersebut.

"Ukuran pastinya belum tau, karena gambarnya belum kami terima," ujar Pak Pur, Rabu (2/11/2016).

Lanjutnya, proyek ini ia kerjakan sejak kemarin sore, Selasa (1/11/2016), dengan dibantu satu alat berat, kata dia, pekerja mulai melepas rangkaian baja bulat yang di tanam dalam parit itu.

"Pengerjaannya separuh dulu, agar bisa tetap dilalui kendaraan yang keluar masuk ," jelas Pak Pur memaparkan.

Sebelumnya, warga ring satu Sumur Tapen 03 mengeluhkan kondisi drainase yang tersumbat oleh tumpukan sampah. Bahkan, mengakibatkan banjir walaupun volume hujan dengan skala kecil.

Dari pantauan blokTuban.com (28/10/2016) kemarin, didapati salah satu kanal saluran drainase depan pintu masuk Sumur Tapen 3 tersumbat. Penyumbatan tersebut terjadi akibat saluran gorong-gorong yang dibangun tidak sesuai volume alias kecil sehingga menyebabkan penyempitan.

Tak pelak, saat intensitas hujan meningkat dapat memicu terjadinya banjir. Akibatnya genangan air meluap bahkan menutupi badan jalan. [rof/rom]