Pemdes Belum Anggarkan Penanganan Longsor

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Sidorejo, Kecamatan Kenduruan, Kabupaten Tuban menyatakan tidak memiliki anggaran untuk menanggulangi bencana alam tanah longsor yang mengikis sisi jembatan penghubung dusun setempat.

"Kita tidak punya anggaran di tahun 2016 untuk menanggulangi tanah longsor di sisi jembatan itu," kata Sekretaris Desa (Sekdes) Sidorejo, Supardan, saat ditanya upaya dari Pemdes dalam menanggulangi tanah longsor di Sidorejo, Rabu (26/10/2016).

Ia mengatakan, butuh anggaran besar untuk melakukan penanggulangan longsor di pinggir kali kening itu. Anggaran tersebut untuk membangun bronjong dan pelapis tebing.

Menurutnya, di anggaran tahun ini maupun tahun depan belum ada. Kendati demikian, katanya, jika keadaan sudah parah akan dicarikan secepatnya solusi penanganannya.

Anggaran khusus untuk bencana alam tersebut seharusnya dianggarkan dalam APBD, namun penggunaannya ketika terjadi bencana alam di daerah itu. Anggaran digunakan untuk tanggap darurat.

"Belum ada pembicaraan dengan pihak terkait, untuk penanganan longsor," imbuhnya.

Ia berharap, anggaran penanggulangan bencana alam khusus untuk kegiatan fisik dari BNPB.

Ia menyebutkan, wilayah yang rawan longsor terdapat di Dusun Mojo dekat jembatan dan perbatasan Desa Sidorejo dengan Kedungjambangan. [rof/rom]